TKN soal Simulasi Program Makan Siang Gratis: Seeing is Believing

Muhamad Fajar Riyandanu
29 Februari 2024, 16:02
Simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri Curug 2 Kabupaten Tangerang, Kamis (29/2/2024).
Katadata
Simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri Curug 2 Kabupaten Tangerang, Kamis (29/2/2024).
Button AI Summarize

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menyatakan agenda simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang pada hari ini, Kamis (29/2) merupakan inisiatif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

Anggota Dewan Pakar TKN Drajad Wibowo mengatakan kehadiran Airlangga di SMP Negeri Curug 2 Kabupaten Tangerang berawal dari undangan yang dilayangkan oleh Pemkab Tangerang. "Itu inisiatif mereka, bukan TKN.," kata Drajad lewat pesan singkat WhatsApp pada Kamis (29/2).

Drajad mengatakan simulasi makan siang gratis itu agar rakyat bisa melihat sendiri visualisasi dari program yang dicanangkan Prabowo-Gibran. "Kadang memang seeing is believing. Mereka yang selama ini menentang akan bisa melihat sendiri bagaimana reaksi siswa-siswa terhadap program ini," kata Drajad.

Simulasi makan siang gratis ini dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Dewan Pengarah TKN Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pemerintah Jokowi juga membahas program makan siang gratis dalam rapat kabinet di Istana Negara.

Pembahasan di istana ini menuai protes karena pembahasan program dari pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua itu di saat proses rekapitulasi suara belum rampung. Komisi Pemilihan Umum akan mengumumkan perhitungan resmi rekapitulasi suara pada 20 maret.

Drajad yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN), menyebut keseluruhan pendanaan dari makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug datang dari dana APBD Pemkab Tangerang.

Kendati demikian, Drajad tak mengetahui berapa besaran dana yang dikeluarkan oleh Pemkab Tangerang untuk menjalankan simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug hari ini. "Sementara ini saya belum mendapat info lebih lanjut berapa lama uji coba ini dilakukan dan berbagai detil lainnya. Tapi itu inisiatif yang bagus," ujar Drajad.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...