Groundbreaking Kantor BPJS Kesehatan di IKN, Jokowi Bahas Pujian Obama

Muhamad Fajar Riyandanu
1 Maret 2024, 11:22
Jokowi
YouTube
Presiden Joko Widodo
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari inu meletakkan batu pertama atau groundbreaking pembangunan kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di IKN Nusantara. Pada kesempatan itu ia menceritakan kembali momen saat Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44 Barack Obama pernah memuji penerapan BPJS Kesehatan.

Menurut Jokowi kejadian tersebut terjadi pada 2015 lalu. Saat itu Obama membandingkan BPJS dengan Obamacare sebagai program penyediaan akses kesehatan terjangkau di AS.

"Beliau bertanya pada saya kenapa BPJS Jaminan kesehatan di Indonesia bisa berjalan dengan baik? Sedangkan Obamacare di Amerika tidak," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan groundbreaking kantor BPJS Kesehatan di IKN Nusantara pada Jumat (1/3).

Mendapat pertanyaan tersebut, Jokowi lantas menjelaskan sistem layanan sosial BPSJ dan Obamacare punya mekanisme operasional yang berbeda. Menurut Jokowi, BPJS menerapkan prosedur rujukan puskesmas sebagai layanan kesehatan tingkat pertama.

Puskesmas menjadi tempat perawatan medis gratis bagi masyarakat yang mengalami keluhan sakit. Masyarakat baru akan dirujuk ke rumah sakit apabila pihak puskesmas menganggap pasien perlu mendapat pelayanan medis lebih lanjut.

"Di Indonesia ada rujukan puskesmas. Di AS tidak ada puskesmas, langsung ke rumah sakit sehingga beban semua langsung ke rumah sakit. Kalau di Indonesia masih ditahan ke puskesmas, baru kalau sudah berat masuk ke RS," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...