Jokowi Targetkan Pembangunan IKN Nusantara Jadi Cermin Budaya Nasional

Muhamad Fajar Riyandanu
1 Maret 2024, 12:34
Jokowi
Istimewa
Presiden jokowi tinjau istana presiden di ikn, jumat (1/3). Foto: biro pers sekretariat presiden
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan Istana Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bertujuan untuk menghadirkan bangunan istana kepresidenan bernuansa peradaban asli nasional tanpa unsur kolonial. Jokowi mengatakan pendirian Istana Presiden di IKN dibangun dengan kerja dan produk bahan baku dalam negeri. 

“Ini dilakukan oleh anak-anak bangsa sendiri, dan ini akan menimbulkan sebuah kebanggaan, harga diri,” kata Jokowi saat menyampaikan sambutan pada groundbreaking kantor BPJS Kesehatan di IKN Nusantara pada Jumat (1/3).

Jokowi menceritakan, dirinya kerap mendapat sanjungan dari para pimpinan negara yang berkunjung ke sejumlah Istana Kepresidenan, seperti Istana Merdeka Jakarta, Istana Kepresidenan Cipanas, Istana Bogor hingga Gedung Agung Istana Kepresidenan Yogyakarta. Sayangnya, ia menyebut bangunan tersebut tidak bisa dibanggakan lantaran bukan buatan Indonesia. 

“Kadang-kadang saya mendapat tamu presiden atau perdana menteri yang masuk ke istana. Kemudian mereka bertanya ‘wah gedungnya bagus ya’. Saya tidak bisa jawab apa-apa karena memang itu peninggalan dari kolonial Belanda,” kata Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan pendirian Istana Presiden di IKN sebagai momentum memunculkan gedung presiden yang bukan peninggalan kolonial. Kantor Presiden baru ini diharapkan menjadi ikon Ibu Kota Nusantara, terutama dengan adanya burung Garuda yang menjadi simbol infrastruktur di tengah Kota Nusantara. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...