Presiden Jokowi Groundbreaking Kantor BPJS Kesehatan di IKN

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
1 Maret 2024, 18:16
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan groundbreaking pembangunan kantor BPJS Kesehatan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (01/03).
Dok BPJS Kesehatan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan groundbreaking pembangunan kantor BPJS Kesehatan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (01/03).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan groundbreaking pembangunan kantor BPJS Kesehatan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (01/03). 

Pembangunan Kantor BPJS Kesehatan menandakan layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan turut serta hadir di IKN. 

Dalam sambutannya, Presiden mengungkapkan, perubahan drastis BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Program JKN sejak awal kepemimpinannya. Dirinya mengatakan bahwa kini BPJS Kesehatan sudah semakin lebih baik.

”Dulu, dari 2015 hingga 2017 saya sering rapat dengan BPJS Kesehatan untuk membahas defisit. Namun pada tahun 2020 sudah tidak ada rapat lagi terkait defisit, menandakan peningkatan yang konsisten oleh BPJS Kesehatan,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulis, Jumat (1/3).

Selain itu, Jokowi juga menyoroti transformasi layanan Program JKN. Menurutnya, antrean panjang di fasilitas kesehatan menjadi hal yang umum bagi peserta JKN saat awal berjalannya Program JKN. Tak ayal berbagai keluhan kerap dilontarkan oleh peserta JKN.

”Namun, berkat upaya perbaikan yang dilakukan BPJS Kesehatan, kondisi tersebut telah berubah secara signifikan, memastikan akses yang lebih mudah dan cepat bagi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan,” ungkap Jokowi.

Jokowi juga mendapat pujian dari mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, yang memuji keberhasilan Program JKN di Indonesia. Hal ini menegaskan bahwa Indonesia juga mampu menjadi contoh bagi negara lain dalam hal pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti mengatakan, Program JKN merupakan program strategis nasional yang selama 1 dekade mengalami banyak peningkatan dari sisi cakupan kepesertaan serta mutu layanan kesehatan. 

Kehadiran layanan JKN di IKN diharapkan akan menambah fasilitas layanan publik dasar yang dibutuhkan masyarakat sekitar. 

Ghufron mengatakan, desain rumah panggung diusung sebagai komitmen menjaga warisan budaya hunian di indonesia dengan tetap menjaga kontur dan tumbuhan yang telah ada pada saat pembangunan. 

Ia menambahkan, kantor ini juga didesain dengan tipologi baru yang mengedepankan inovasi dan upaya modern untuk menjadikan hutan dan alam sebagai bagian dari ruang kerja yang nyaman dan berkelanjutan. 

“Hal ini tentu selaras semangat layanan JKN yang selalu mengedepankan inovasi yang dinamis dalam upaya memberikan layanan terbaik bagi peserta,” kata Ghufron.

Ghufron menjelaskan, layanan JKN per 1 Februari 2024 sudah dapat dinikmati oleh 267,8 juta peserta tak lepas dari berbagai inovasi yang dikembangkan BPJS Kesehatan bersama dengan pemangku kepentingan terkait.  

Program JKN yang saat ini dalam kondisi keuangan yang sehat, tak lepas dari komitmen dari Presiden untuk terus menjaga keberlangsungan program. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...