10 Caleg Jatim I Potensi ke DPR, Ahmad Dhani - Chef Arnold Beda Nasib

Amelia Yesidora
6 Maret 2024, 05:40
caleg
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Musisi Ahmad Dhani melakukan sesi latihan jelang konsernya di Jakarta, Senin (30/12/2019).
Button AI Summarize

Daerah Pemilihan Jawa Timur I kerap dikenal sebagai ‘dapil neraka’ di Jawa Timur. Alasannya dapil yang meliputi Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya ini kerap diisi nama pesohor politik di setiap kali gelaran pemilihan legislatif. 

Pada pemilu 2024, wilayah Jawa Timur mendapat jatah 87 kursi untuk Dewan Perwakilan Rakyat. Khusus dapil Jawa Timur I, Komisi Pemilihan Umum menetapkan para caleg memperebutkan 10 kursi di Senayan. Beberapa nama diperkirakan lolos, seperti musisi Ahmad Dhani dan bos realestate Paulus Totok Lusida. 

Hingga Selasa (5/3) pukul 17.00 WIB, perkembangan pengumpulan suara di dapil ini sudah mencapai 66,29% atau 9.104 dari total 13.733 TPS yang ada. Dari laporan itu, Gerindra menjuarai dapil Jatim I dengan jumlah suara 240.646 atau setara 20,89%. Di urutan kedua, ada partai PDIP dengan 178.689 (15,51%), kemudian Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB dengan perolehan 135.900 suara (11,8%).

Partai Mana Saja di Dapil Jawa Timur I Potensi Lolos ke Senayan?

Untuk penentuan kursi yang akan diperoleh masing-masing partai pada pemilu 2024 ini berpotensi akan menggunakan metode yang sama dengan pemilu 2019. Saat itu KPU menggunakan perhitungan dengan metode sainte lague untuk menghitung konversi perolehan suara menjadi kursi DPR. 

Sederhananya perolehan kursi DPR di setiap dapil ditentukan dengan menghitung jumlah suara sah setiap partai politik yang memenuhi ambang batas kemudian dibagi dengan bilangan pembagi satu dan diikuti secara berurutan oleh bilangan ganjil sampai jumlah kursi di setiap dapil habis dibagi. 

Dengan metode tersebut, maka merujuk data sementara KPU ada delapan partai yang bisa lolos ke Senayan dari dapil Jatim I. Khusus Gerindra dan PDIP, masing-masing memperoleh dua kursi. Sisanya mendapat satu kursi, seperti PKB, PAN, Golkar, dan Nasdem. Begitu juga dengan PSI dan PKS. 

Daftar Caleg Jatim I yang Berpotensi Lolos ke DPR

Calon legislatif yang berpotensi lolos ke DPR adalah mereka yang beroleh suara terbanyak dari masing-masing partai. Berikut daftarnya:

Kans Caleg Bambang Haryo Soekartono (Gerindra)

Politisi Gerindra ini beroleh suara terbanyak di Jatim I dengan jumlah 88.661 suara. Namanya sudah akrab di telinga warga Sidoarjo ini karena pernah mencalonkan diri sebagai Bupati Sidoarjo pada 2020 lalu namun dikalahkan Ahmad Muhdlor Ali. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi anggota DPR (2014–2019) di Komisi VI yang membidangi BUMN, koperasi, investasi, hingga perdagangan.

Kans Caleg Dhani Ahmad Prasetyo (Gerindra) 

Pendiri grup band Dewa 19 ini beroleh suara terbesar kedua di Jatim I, dengan perolehan 55.766 suara. Lelaki yang akrab dikenal dengan Ahmad Dhani ini sebelumnya juga mencalonkan diri sebagai anggota dewan dari dapil dan partai yang sama pada 2019 lalu namun tidak terpilih. 

Kans Caleg Puti Guntur Soekarno (PDIP)

Puti adalah cucu pertama dari Presiden Pertama RI, Soekarno sekaligus anak pertama Guntur Soekarnoputra. Puti sendiri adalah petahana yang sudah duduk di DPR pada Komisi X sejak 2019 lalu. Komisi ini membidangi pendidikan, kebudayaan, olahraga, hingga ekonomi kreatif. Dalam Pileg 2024 di dapil Jatim I, ia beroleh 48.959 suara. 

Kans Caleg Indah Kurnia (PDIP)

Indah adalah petahana yang sudah duduk di DPR selama tiga periode, dari 2009 hingga sekarang. Dalam Pileg 2024, Indah beroleh 28.668 suara. Sebelumnya oa berada di Komisi XI yang menangani Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, hingga lembaga keuangan lainnya. Indah juga dikenal sebagai manajer klub sepakbola Surabaya, Persebaya FC, dari 2006–2008. 

Kans Caleg Arzeti Bilbina Setyawan (PKB)

Sebelum menjadi politisi, wajah Arzeti Bilbina kerap menghiasi layar kaca sebagai pemain film, sinetron, hingga pembawa acara. Arzeti sendiri adalah petahana di DPR RI, sudah pernah menjadi anggota dari periode 2014 dan 2019 lalu. Kendati demikian di periode pertama ia terpilih bukan karena Pileg, melainkan menggantikan Imam Nahrawi yang saat itu dipilih Jokowi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Kini, ia berhasil menjaring 30.652 suara dalam Pileg 2024. 

 Kans Caleg Sungkono (PAN)

Seperti Indah dan Arzeti, Sungkono juga adalah petahana dua periode. Selama di DPR, Sungkono pernah jadi anggota Komisi XI (2014–2017), Komisi VIII (2019–2020), Komisi V (2017–2019 dan 2020–2021). Kini, ia duduk di Komisi IX yang membidangi masalah kesehatan dan ketenagakerjaan. Sungkono mendapat 32.709 suara dalam Pileg 2024.

 Kans Caleg Adies Kadir (Golkar)

Politisi Golkar ini juga adalah petahana dari 2014 yang kini beroleh 62.038 suara pada Pileg 2024. Dalam periode 2019–2024, ia duduk di Komisi III yang membidangi masalah HAM dan Keamanan.

 Kans Caleg Lita Machfud Arifin (Nasdem)

Politisi Nasdem ini beroleh 30.390 suara di Jatim I. Di Nasdem, ia menjabat Ketua DPP bidang UMKM menggantikan Ni Luh Djelantik yang keluar dari NasDem pada Agustus 2023 lalu. Lita sendiri adalah istri dari mantan Kapolda Jatim, Machfud Arifin.

Kans Caleg Paulus Totok Lusida (jika PSI lolos ke Senayan)

Ketua Real Estate Indonesia alias REI ini menjadi caleg PSI dengan perolehan suara terbanyak, yakni 20.002 suara. Paulus ini juga tercatat sebagai Komisaris Utama Bintraco Dharma Tbk dengan kode ticker saham CARS, sebuah perusahaan induk dari beberapa anak perusahaan di bidang otomotif.Salah satunya adalah PT New Ratna Motor merupakan salah satu anak perusahaan yang merupakan pendiri dealer Toyota di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

 Kans Caleg Reni Astuti (PKS)

Reni sudah tiga periode menjabat sebagai anggota DPRD Surabaya, hingga pernah menjadi Wakil Ketua DPRD Surabaya. Di Pileg 2024 ini, ia mencoba peruntungan sebagai anggota DPR dan berhasil beroleh 18.049 suara di dapil Jatim I. 

Selain 10 nama ini satu nama yang berpotensi lolos adalah caleg dari Partai Demokrat Lucy Kurniasari. Saat ini Lucy meraih 20.981 suara. Meski begitu kans Lucy lolos ke Senayan baru terbuka bila PSI tidak mendapat jatah kursi ke Senayan lantaran tidak lolos ambang batas parlemen 4%. 

Hal lain yang menarik dari dapil Jawa Timur I lantaran diisi beberapa orang figur publik. Sayangnya, mereka kemungkinan tidak lolos ke senayan. Misalnya Angela Tanoesoedibjo, anak Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, yang mendapat 15.659 suara. Begitu juga dengan chef Arnold Poernomo yang hanya beroleh 3.065 suara. Dua politisi Perindo ini gagal lantaran Perindo hanya menjala 28.808 suara. 

 Begitu juga dengan anak Ketua DPR, La Nyalla Mahmud Mattalitti, yang bernama Ali Affandi La Nyalla Mahmud Mattalitti. Sama seperti ayahnya, ia maju dari Partai Demokrat. Berbeda dengan ayahnya, ia hanya bisa menggaet 9.515 suara dan partainya masih kalah saing dengan perolehan 54.767 suara. 

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...