Peran Wapres Pimpin Dewan Aglomerasi Jakarta jadi Sorotan

Muhamad Fajar Riyandanu
8 Maret 2024, 18:13
jakarta, wakil presiden, dkj, dewan aglomerasi
ANTARA FOTO/Rifqi Raihan Firdaus/tom.
Pengunjung menyaksikan pertunjukan video pemetaan Monas Week di Monumen Nasional, Jakarta, Kamis (28/12/2023).
Button AI Summarize

Pakar tata kota ikut menyoroti soal tugas wakil presiden (wapres) yang akan memimpin Dewan Kawasan Aglomerasi usai Jakarta tak lagi menjadi ibu kota negara. Ahli berharap wapres, sebagai pimpinan dewan tersebut diberikan anggaran dan otoritas penuh.

Ini untuk memberikan instruksi kepada kementerian supaya menjalankan manajemen tata ruang dari hasil rekomendasi putusan yang digodok oleh Dewan Kawasan Aglomerasi nantinya. 

"Kalau tugasnya hanya semacam koordinasi dan tidak diberikan otoritas keuangan dan kewenangan kekuasaan, maka wapres dan lembaga itu tidak bertaji," kata  Pakar Tata Kota dan Infrastruktur Universitas Trisaksi Yayat Supriatna kepada Katadata.co.id, Jumat, (8/3).

Pembentukkan Dewan Kawasan Aglomerasi bertujuan untuk menyinkronkan pembangunan Provinsi Jakarta dengan daerah sekitar. Yayat mengatakan tanpa adanya otoritas dan anggaran kepada wapres,  hasil kajian Dewan Kawasan Aglomerasi tak akan ada tindak lanjutnya.

Jika hal itu terjadi, fungsi Dewan Kawasan Aglomerasi hanya akan mengulangi jalan Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) yang bergerak tanpa komando dalam penataan kawasan ibu kota dan wilayah sekitarnya.

"Meski yang nanti menjabat pimpinannya adalah wapres, " katanya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...