Stanford akan Dirikan Pusat Riset di IKN, Belum Bangun Kampus

Amelia Yesidora
13 Maret 2024, 14:28
Proyek IKN yang dikerjakan oleh Waskita Karya
Foto: Dokumentasi Waskita Karya
Proyek IKN yang dikerjakan oleh Waskita Karya
Button AI Summarize

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, memaparkan kabar baru Stanford University, Amerika, yang berencana membangun kampus di Ibu Kota Nusantara atau IKN. Bambang bilang, pembangunan ini akan dimulai dengan pusat riset terlebih dahulu.

“Intinya kita ingin membangun pusat riset dulu, karena kalau kita membangun universitas itu kan butuh banyak hal ya,” kata Bambang pada wartawan di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/3).

Ia menjelaskan proses perundingan dengan Stanford University sudah berlangsung lama. September 2023 lalu, dekan universitas asal negara Paman Sam itu datang ke Indonesia memberi surat keinginan membangun.

Kemudian, Otorita IKN menandatangani nota kesepahaman atau MoU pada November 2023 lalu. Ini juga bersamaan dengan Presiden jokowi yang memberi kuliah umum di kampus tersebut.

Adapun dalam nota inilah disebut komitmen Stanford dan para alumninya membangun pusat riset. Riset yang akan dilakukan antara lain terkait pengelolaan air, sustainable urban development, dan robotic.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...