Beri Kuliah Umum di Stanford University, Jokowi Singgung IKN

Muhamad Fajar Riyandanu
16 November 2023, 12:27
jokowi, stanford, ikn
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat kuliah umum di Stanford University, San Francicso, Amerika Serikat, Rabu (15/11). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo mengisi kuliah umum di Stanford University, San Francicso, Amerika Serikat, Rabu (15/11). Dalam agenda tersebut, Jokowi memaparkan soal usaha Indonesia untuk menurunkan emisi hingga pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jokowi mengatakan Indonesia telah menurunkan emisi 91,5 juta ton pada 2022. Selain itu, sebanyak 77 ribu hektare lahan hutan juga telah direhabilitasi.

"Komitmen kami tidak perlu dipertanyakan, Indonesia walk the talk," katanya dalam siaran Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (16/11).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mempertanyakan komitmen global terkait upaya transisi energi. Padahal, inisiatif transisi energi merupakan komitmen yang mendesak seiring ancaman krisis iklim yang kian mengkhawatirkan. 

"Namun yang jadi pertanyaan apakah negara-negara di dunia memiliki komitmen untuk bertanggungjawab dan mengambil peran?” katanya.

Jokowi menggunakan forum tersebut untuk menyampaikan torehan Indonesia dalam melaksanakan komitmen transisi energi. Dia menyampaikan bahwa Indonesia telah menurunkan emisi hingga 91,5 juta ton pada 2022.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...