Projo Uji Peluang Erina Istri Kaesang Maju Pilkada Sleman Lewat Survei

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Maret 2024, 19:21
Projo survei kans Erina
ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya/aww.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (kiri) bersama istri Erina Gudono (kanan) berpose saat kampanye di Malang, Jawa Timur, Kamis (1/2/2024).
Button AI Summarize

Ketua Umum Relawan Pro-Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi menanggapi kabar terkait peluang menantu Presiden Joko Widodo, Erina Gudono, maju di pemilihan kepala daerah atau Pilkada yang akan digelar pada November tahun ini. Istri putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, itu disebut-sebut bakal maju melalui Partai Gerindra untuk memperebutkan kursi Bupati Sleman. 

Budi Arie mengakui narasi untuk memajukan Erina masih berkembang di kalangan internal partai politik. "Ini masih wacana dari partai politik, belum dari yang bersangkutan," kata Budi Arie kepada wartawan di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (13/3).

Lebih jauh Budi menjelaskan Projo akan melaksanakan survei terkait nama-nama calon pemimpin daerah di tingkat provinsi dan kabupaten atau kota yang dinilai punya rekam jejak strategis. Menteri Komunikasi dan Informatika ini menambahkan, Projo juga akan melaksanakan pemetaan terkait figur yang relevan untuk menjadi kepala daerah di beberapa wilayah tertentu.

Mengenai peluang Erina maju di Sleman menurut Budi akan bergantung dari penerimaan publik. Menurut dia peluang untuk mengusung istri ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu di pilkada akan melihat daya tarik warga Sleman kepada Erina Gudono sebagai Bupati Sleman. 

"Itu nanti, tunggu saja, kami bikin survei dulu. Kami fokus ke provinsi, gubernur-gubernur," ujar Budi Arie.

Wacana terkait Erina Gudono yang bakal maju dalam Pilkada Sleman ditiup pertama kali oleh Wakil Ketua Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPD Partai Gerindra DIY Widi Handoko. Dia mengatakan, munculnya nama Erina merupakan aspirasi masyarakat. Aspirasi tersebut, kemudian diakomodir oleh DPC Partai Gerindra Kabupaten Sleman.

Kendati demikian, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad belum akan berbicara banyak mengenai Pilkada. Sebab, konsentrasinya masih difokuskan untuk mengawal Pilpres 2024. Pembahasan soal Pilkada, akan dimulai setelah KPU mengumumkan hasil pemilihan presiden.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...