Top News: Jalan Terjal PLTN Thorium Perdana RI, Body Shop Damage

Aryo Widhy Wicaksono
14 Maret 2024, 05:45
Ilustrasi Pembangkit listrik tenaga nuklir
Pixabay
Ilustrasi Pembangkit listrik tenaga nuklir
Button AI Summarize

Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Thorium pertama di Indonesia menghadapi jalan terjal. Perusahaan Amerika Serikat, ThorCon International Pte Ltd, belum juga mendapatkan kepastian hukum terkait pembangunan pembangkit tersebut.

Menjelang pergantian kepemimpinan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada presiden baru, ThorCon berharap ada kepastian mengenai kelanjutan proyeknya.

Sebab perusahaan itu telah menyiapkan dana investasi Rp 17 triliun untuk membangun PLTN berbasis thorium di Pulau Gelasa, Kepulauan Bangka Belitung.

Ketidakjelasan proyek PLTN thorium ini menjadi salah satu artikel terpopuler Katadata.co.id Selain itu, ketahui juga seruan boikot kepada selebritas Youtube Ria Ricis, serta alasan Body Shop bangkrut di berbagai negara.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Pertaruhan Proyek Nuklir di Ujung Masa Jabatan Jokowi 

Impian PT ThorCon Power Indonesia untuk segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Thorium pertama di Indonesia menghadapi jalan terjal.

Perusahaan berstatus Penanaman Modal Asing (PMA) yang dimiliki oleh perusahaan Amerika Serikat, ThorCon International Pte Ltd, itu hingga kini belum juga mendapatkan kepastian hukum untuk pembangkit tersebut.

Menjelang pergantian tampuk kepemimpinan dari Presiden Joko Widodo kepada presiden baru, ThorCon berharap ada kepastian mengenai kelanjutan proyeknya.

Perusahaan yang berdiri pada 2021 itu telah menyiapkan dana investasi Rp 17 triliun untuk membangun PLTN berbasis thorium di Pulau Gelasa, sebuah pulau tak berpenghuni yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Namun, mereka meminta kepastian hukum untuk menggelontorkan dana tersebut.

“Tentunya kami menaruh harapan besar kepada Dewan Energi Nasional (DEN) yang bisa mengawal proyek ini sehingga anggaplah sesuatu yang sudah berjalan ini kalau tiba-tiba ada pemerintahan baru tidak dibubarkan,” kata Direktur Operasi ThorCon Power Indonesia Bob S. Effendi, pada 25 Oktober 2023.

2. Warganet Serukan Boikot YouTuber Ria Ricis karena KFC Indonesia 

Warganet menyerukan boikot YouTuber Ria Ricis karena diduga bekerja sama dengan KFC Indonesia. Hal ini lantaran KFC di Israel secara terang-terangan mendukung serangan ke Gaza, Palestina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...