Airlangga: Golkar Bahas Penambahan Jatah Menteri di Kabinet Prabowo

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Maret 2024, 16:48
Golkar airlangga
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah), Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) dan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie (kiri) menghadiri kegiatan buka puasa bersama dan silaturahmi Partai Golkar se-Indonesia di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (15/3/2024).
Button AI Summarize

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengaku masih terus membahas penempatan kader partai untuk mengisi jatah menteri di kabinet pemerintahan 2024-2029. Dia menyebut Partai Beringin masih merundingkan jumlah atau porsi menteri dengan anggota partai koalisi pengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Menurut Airlangga kesepatakan alokasi jatah pos menteri untuk tiap-tiap partai pengusung Prabowo-Gibran akan difinalkan setelah ada hasil resmi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan akan mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pilpres paling lama 20 Maret mendatang.

 "Itu masih dalam pembahasan. Kami tunggu pengumuman KPU besok," kata Airlangga di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (18/3).

Airlangga sebelumnya menargetkan Golkar meraih 5 kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran. Besaran tersebut mengacu pada torehan Golkar yang memperoleh kemenangan di 15 provinsi pada pemilu tahun ini. 

Airlangga menyampaikan hal ini di Nusa Dua, Badung, Bali pada Jumat, 15 Maret lalu. Kendati demikian, Airlangga mengatakan Golkar belum mengajukan permintaan resmi jatah 5 menteri kepada Prabowo-Gibran. "Kami belum minta," ujar Airlangga.

Usulan serupa juga pernah disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita. Dia mengatakan Golkar membuka kemungkinan untuk mengajukan usulan penambahan kursi menteri dari kader Golkar di masa pemerintahan kabinet 2024-2029.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...