Airlangga Pastikan Munas Golkar Digelar Desember, Tepis Isu Munaslub

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Maret 2024, 19:21
Golkar
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) didampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) dan Ketua Umum Parta Gerindra Prabowo Subianto (keempat kanan) menghadiri perayaan HUT Partai Golkar ke-59 di DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (6/11/2023).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan Musyawarah Nasional (Munas) partainya akan berlangsung sesuai jadwal, yakni pada Desember 2024. Munas tersebut nantinya akan menjadi forum pemilihan ketua umum Golkar baru yang akan menjabat untuk periode 2024-2029. 

Menurut Airlangga pelaksanaan munas sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga atau AD/ART partai, yakni pada akhir tahun 2024. Agenda lima tahunan itu menjadi momen membahas isu strategis di internal partai berlambang beringin. 

"Enggak (maju). Yang maju musim panen," ujar Airlangga di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (18/3).

Kepastian pelaksanaan munas dari Airlangga sekaligus menepis wacana adanya musyawarah nasional luar biasa (munaslub) Partai Golkar yang disebut bakal digelar sebelum November 2024. Kabar itu berhembus seiring masuknay nama Presiden Joko Widodo sebagai kandidat Ketua Umum Golkar.

Airlangga tak berkomentar soal kabar itu. Saat ditanya apakah ia masih optimistis bisa terpilih kembali menjadi ketum, ia hanya melayangkan jari jempol pada awak media. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi telah merespons kabar dirinya akan berlabuh ke Partai Golkar.  Presiden tak membenarkan, namun juga tak membantah isu tersebut. "Saya tiap hari masuk Istana," kata Jokowi di Markas Besar TNI, Jakarta, Rabu (28/2).

Sosok lainnya yang berpotensi maju sebagai ketua adalah Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Bahlil mengatakan, ia hanya ingin menjadi ketua umum lewat mekanisme partai. Menurut anggaran dasarnya, Partai Golkar mengganti ketua umum lewat musyawarah nasional (munas) atau musyawarah nasional luar biasa (munaslub).

Bahlil menyatakan kesediaannya menjadi ketua umum Partai Golongan Karya di tengah desakan pergantian pemimpin. Desakan pergantian pemimpin telah muncul bahkan sebelum Airlangga menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi terkait perizinan ekspor minyak sawit mentah dan turunannya di Kejaksaan Agung.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...