Mendagri Tito Bandingkan Pemilu 2024 dengan 2019: Lebih Sejuk

Ade Rosman
21 Maret 2024, 04:05
Mendagri
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menyampaikan pendapatnya selaku pemerintah saat Rapat Kerja Tingkat I dengan Komisi II DPR terkait laporan Panja 5 RUU tentang Provinsi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/6/2022).
Button AI Summarize

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menilai Pemilihan Umum 2024 lebih teduh dari Pemilu sebelumnya yang dihelat pada 2019 lalu. Hal itu ia sampaikan usai menghadiri rapat pleno terbuka penetapan hasil Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (20/3) malam.

"Saya merasa 2024 lebih teduh, sejuk, dibanding 2019," kata Tito kepada wartawan di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (20/3).

Pada kesempatan itu, Tito mengapresiasi penyelenggara Pemilu yang menyelesaikan tahapan sesuai tenggat yang telah ditentukan sesuai jadwal yang ada. KPU telah mengumumkan hasil pemilu tepat di hari terakhir batas pengumuman hasil pemilu seperti tertuang dalam Undang-Undang tentang Pemilu. 

"Kita beri apresiasi pada penyelenggara yang selesaikan tugasnya penetapan tingkat nasional sesuai jadwal. 35 hari setelah masa pencoblosan menurut Undang-Undang Pemilu," kata Tito.

Menurutnya, sistem live streaming yang diterapkan dalam proses rekapitulasi Pemilu 2024 merupakan hal yang perlu diapresiasi. Rapat pleno ini merupakan perhitungan manual secara bertingkat, dari TPS, kecamatan, Kabupaten dan Provinsi. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...