Kader PSI Meningkat di DPRD, Kaesang Siap Hadapi Pilkada

Muhamad Fajar Riyandanu
21 Maret 2024, 20:24
Kader PSI Meningkat di DPRD, Kaesang Siap Hadapi Pilkada
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/YU
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (tengah) menyampaikan orasi politiknya saat kampanye akbar di Denpasar, Bali, Senin (5/2/2024).
Button AI Summarize

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tengah bersiap menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak usai gagal memperoleh kursi anggota legislatif DPR. Meski tak lolos ke Senayan, PSI mengaku perolehan kursi mereka di DPRD provinsi maupun kabupaten/kota meningkat hingga 200%.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menguraikan peningkatan itu terjadi di provinsi DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur. Selain itu, kenaikan perolehan kursi DPRD juga terjadi di tingkat pemerintahan kabupaten/kota seperti Surabaya, Madiun, Bandung, Solo, Semarang, Tangerang dan Tangerang Selatan.

Kaesang mengatakan, PSI bakal mengeluarkan kader terbaiknya untuk berpartisipasi dalam Pilkada, utamanya di daerah-daerah di mana partai tersebut memperoleh kursi DPRD.

"Saya akan fokus Pilkada, tetapi siapa orangnya masih proses. Kami akan keluarkan kader-kader terbaik kami. Tunggu saja orangnya siapa," kata Kaesang di Kantor DPP PSI Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (21/3).

PSI meraih 156 kursi pada Pemilu 2024, yang terbagi menjadi 130 kursi DPR kota dan 26 kursi DPRD provinsi yang mencakup total 16 fraksi.

Di sisi lain, PSI mengaku legowo menerima hasil rekapitulasi suara pemilu yang dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

KPU menetapkan partai pimpinan Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep tersebut hanya mengantongi 4,26 juta coblosan atau 2,81% suara.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...