400 Polisi Berjaga di MK Kawal Sidang Perdana PHPU Pilpres Hari Ini

Ade Rosman
27 Maret 2024, 04:00
MK
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/rwa.
ilustrasi pengamanan oleh kepolisian di sekitar gedung MK
Button AI Summarize

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes. Pol. Susatyo Purnomo Condro mengatakan 400 personel kepolisian disiagakan di sekitar gedung Mahkamah Konstitusi. Mereka akan mengawal sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden Presiden 2024 yang digelar hari ini Rabu (26/3).

"400 personel itu hanya untuk di MK, di gedung, halaman. Selebihnya adalah pengamanan terkait penyampaian aspirasi, itu tentu nanti pasukannya akan berbeda,” kata Susatyo kepada wartawan di Gedung MK, Jakarta Pusat. 

Susatyo mengatakan kepolisian mempersiapkan penjagaan di sekitar kawasan Patung Kuda untuk mengakomodir aksi yang kemungkinan akan dilaksanakan hari ini. Nantinya, kata Susatyo, jika ada aksi di sekitar kawasan Patung Kuda, maka akan ada pengalihan arus lalu lintas di ruas Jalan Merdeka Selatan.

"Termasuk dari arah Harmoni menuju ke patung kuda termasuk apabila memang sisi di Abdul Muis, yang di belakang. Kalo memang diperlukan, itu juga akan kami lakukan rekayasa lalu lintas," kata Susatyo.

Kendati demikian, ia mengatakan, rekayasa jalan tersebut sifatnya situasional. Adapun, MK akan menggelar sidang perdana PHPU Pilpres yang diajukan oleh tim paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Perkara PHPU yang dimohonkan oleh Anies-Muhaimin akan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Sedangkan untuk permohonan yang diajukan Ganjar-Mahfud  akan dimulai pada pukul 13.00 WIB. Sidang perdana itu diagendakan untuk pemeriksaan pendahuluan, penyampaian permohonan pemohon. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...