Prabowo akan Temui Xi Jinping di Beijing, Bahas Apa?

Ameidyo Daud Nasution
31 Maret 2024, 15:17
prabowo, xi jinping, cina
ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/tom.
Capres terpilih Prabowo Subianto saat menghadiri acara Peringatan Nuzulul Qur'an dan Buka Bersama Partai Golkar di Jakarta, Jumat (29/3/2024).
Button AI Summarize

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berkunjung ke Cina untuk bertemu Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Qiang. Prabowo bertolak ke Beijing pada Minggu (31/3) dan akan kembali ke Tanah Air pada Selasa (2/4).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Sumantha mengatakan kunjungan Prabowo untuk mempererat kerja sama khususnya di bidang pertahanan.

"Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kedua negara dalam memperkuat dialog," kata Edwin di Jakarta pada Minggu (31/3) dikutip dari Antara.

Rencana kunjungan tersebut pertama kali diumumkan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina Lin Jian. Ia mengatakan lawatan Prabowo merupakan undangan Xi Jinping.

Operasionalisasi Komersial Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Operasionalisasi Komersial Kereta Cepat Jakarta-Bandung (ANTARA FOTO/Desca Lidya Natalia/tom.)

Lin mengatakan Cina merupakan negara pertama yang dikunjungi Ketua Umum Partai Gerindra itu usai memenangkan Pemilihan Presiden 2024. Menurutnya, hal tersebut merupakan lambang hubungan erat Indonesia dan Cina.

"Kunjungan tersebut adalah peluang besar untuk meningkatkan persahabatan tradisional, memperdalam kerja sama strategis yang komprehensid, dan sinergi strategi pembangunan," kata Lin pada Jumat (29/3).

Sebelumnya, Xi Jinping telah mengucapkan selamat kepada Prabowo atas kemenangannya dalam Pemilihan Presiden 2024. Ucapan tersebut diberikan lewat surat yang diserahkan ke Prabowo oleh Duta Besar Cina untuk Indonesia Lu Kang pada 21 Maret 2024.

Dalam kunjungannya ke Negeri Panda, Prabowo didampingi putranya, Ragowo Hediprasetyo atau Didit Prabowo, Asisten Khisis Menhan Bidang Manajemen Pertahanan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Wakil Ketua Komisi I DPR Sugiono, serta Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI Letjen TNI Yudi Abrimantyo.

Selain itu, Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kemhan RI Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, Direktur Jenderal Rencana Pertahanan Kemhan RI Laksamana Muda TNI Supo Dwi Diantara, dan Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemhan RI Marsekal Muda TNI Yusuf Jauhari juga ikut dalam rombongan.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...