Top News: Polemik Boikot Erspo, Kronologi Ledakan Gudang Peluru TNI

Aryo Widhy Wicaksono
1 April 2024, 05:35
Pemain Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Pemain Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024).
Button AI Summarize

Media sosial Twitter menjadi heboh dengan seruan boikot terhadap Erigo Sport (Erspo), perusahaan yang memproduksi jersey Timnas Indonesia. Gelombang protes ini mencuat setelah desainer Erspo, Ernanda Putra, mengomentari kritik terhadap kualitas produk seragam Timnas sepak bola.

Setelah seruan tagar #boikoterspo menjadi tren topik di Indonesia, Ernanda meminta maaf atas kegaduhan yang tercipta dan menegaskan bahwa dia dan Makna Group menerima kritikan untuk perbaikan di masa depan.

Kontroversi desain jersey timnas berawal dari rilis produk pada 18 Maret 2024 lalu. Setelah produk meluncur, banyak pihak memberikan kritik. Salah satunya merupakan pelatih Timnas, Shin Tae-yong.

Polemik seragam timnas merupakan salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga bagaimana terjadinya ledakan di gudang peluru TNI, serta rekayasa lalu lintas mudik.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Kronologi Seruan Boikot Erspo dan Polemik Kualitas Jersey Timnas

Media sosial X alias Twitter diramaikan oleh seruan boikot Erspo atau Erigo Sport yang memproduksi seragam atau jersey Timnas Indonesia.

Seruan ini adalah buntut sikap desainer Erspo di tengah kritik terhadap kualitas jersey Timnas yang awalnya disuarakan pelatih Shin Tae-yong.

Tagar #boikoterspo menjadi salah satu trending topic atau topik terpopuler Indonesia di X pada Sabtu (30/3).

Netizen mencela sikap desainer jersey Timnas, Ernanda Putra yang menanggapi kritik olahraga Justinus Lhaksana terkait kualitas produk buatannya dengan mencebik secara pribadi.

Justin ikut mengkritik kualitas jersey Timnas yang awalnya disuarakan pelatih Timnas Shin Tae-yong. Ernanda yang mendapatkan banyak kritikan di media sosial akhirnya minta maaf karena telah menciptakan kegaduhan.

2. Profil Erspo, Pemasok Jersey Timnas yang Tengah Ramai Diboikot di X

Erspo atau Erigo Sport baru diluncurkan pada Januari 2024 dan merupakan sub-brand dari Erigo yang merupakan merek pakaian lokal. Sebelum meluncurkan Erspo, Erigo tak memiliki produk pakaian olahraga.

PSSI pada Januari 2024 mengumumkan, telah mencapai kesepakatan dua tahun dengan Erigo sebagai apparel Timnas Indonesia. Kesepakatan, termasuk menyiapkan jersey Skuad Garuda.

Ketua umum PSSI Erick Thohir dalam konferensi pers tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada para pendahulu Erspo, yakni Nike dan Mills. Ia menegaskan, ingin brand lokal yang menjadi apparel Timnas Indonesia.

Nilai kontrak antara PSSI dan Erigo untuk pembuatan jersey Timnas ini mencapai Rp 16,5 miliar. Erick menyebut Erspo terpilih melalui proses tender terbuka pada tahun lalu. Namun, netizen kini kembali mempertanyakan proses tender tersebut lantaran Erigo sebelumnya tak memiliki keahlian di bidang pakaian olahraga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...