Kronologi KAI Temukan Tas Louis Vuitton dan Emas 500 Gram di Stasiun

Ferrika Lukmana Sari
9 April 2024, 09:15
KAI
ANTARA FOTO/Yudi Manar/nym.
Sejumlah pemudik berjalan di peron setibanya di Stasiun Medan, Sumatera Utara, Senin (8/4/2024). PT KAI Divisi Regional I Sumatera Utara mencatat dari 1-8 April sebanyak 113.747 pemudik mengunakan kereta api dengan berbagai jurusan yang ada di Sumatera Utara.
Button AI Summarize

Ketika menggunakan transportasi umum seperti kereta api, seringkali dijumpai barang milik penumpang tertinggal di stasiun Kereta Api Indonesia (KAI) atau lingkungan sekitar. Beragam penyebab mendasari hal tersebut seperti tergesa-gesa hingga terlalu banyak membawa barang bawaan.

Apalagi pada saat peak season atau puncak musim liburan, banyak orang bepergian sehingga stasiun menjadi padat. Alhasil, banyak pemudik yang kurang fokus yang mengakibatkan barang bawaan mereka tertinggal di stasiun. 

Hal ini terjadi di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pada Minggu (7/4), petugas keamanan Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng bernama Achmad Hidayatul Ikhsan menemukan sebuah tas berwarna coklat milik calon penumpang di area tunggu stasiun sebelah timur.

Saat itu, stasiun dipadati calon penumpang karena bertepatan dengan musim angkutan lebaran tahun 2024/1445 H. Salah satu penumpang KA Sembrani untuk perjalanan Semarang Tawang Bank Jateng tujuan Gambir pada Minggu (7/4) melapor kepada petugas pengamanan KA Sembrani bahwa tas miliknya tertinggal di area tunggu Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

Lalu dengan sigap, petugas pengamanan KA Sembrani segera melaporkan hal tersebut ke Kantor Pengamanan Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng untuk selanjutnya dilakukan penyisiran di lokasi dimaksud.

Alhasil, petugas keamanan Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng yang biasa dipanggil Ikhsan berhasil mengamankan barang berupa tas berwarna coklat dengan merk louis vuitton dan berisikan 5 emas batangan masing-masing seberat 100 gram, 17 lembar mata uang asing, charger, kunci, 2 buah buku tabungan, dompet berisi kartu, 5 buah voucher, 2 lembar STNK, dan bukti diri (KTP, SIM) dengan taksiran barang senilai Rp 510 juta.

Tas tersebut langsung dikirim ke Pos Pengamanan Stasiun Gambir menggunakan KA Argo Bromo Anggrek dengan pengawalan oleh Petugas Pengamanan Kereta. Pada pukul 17.30 WIB barang sampai di Pos Pengamanan Stasiun Gambir dan langsung diserahkan kepada pemiliknya. 

Halaman:
Reporter: Ferrika Lukmana Sari
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...