Pesan Idulfitri Jokowi: Rajut Kembali Persaudaraan

Image title
10 April 2024, 06:52
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (kedua kiri) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin (ketiga kiri) dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kiri) melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024). Umat Islam Indonesia mera
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Ilustrasi. Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin (ketiga kiri) dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kiri) melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024). Umat Islam Indonesia merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H pada Rabu (10/4).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo memberikan ucapan selamat kepada seluruh umat Islam di Indonesia yang merayakan Idulfitri 1445 Hijriah. Dalam pernyataan yang direkam dan disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, 9 April 2024, itu Jokowi berpesan untuk merajut kembali persaudaraan.

Dalam ucapan itu, Jokowi menyampaikan doa dan harapan agar Idulfitri dapat menjadi momen untuk saling memaafkan. "Semoga di hari yang fitri ini kita saling memaafkan dan saling bersilaturahmi. Kita merajut kembali persaudaraan menjadi bangsa yang rukun dan damai yang bersatu padu membangun Indonesia," kata Jokowi yang nampak kompak dengan Iriana menggunakan busana bernuansa putih.

Ia juga menyampaikan doa agar masyarakat Indonesia yang masih berjibaku dengan mudik Lebaran dapat diberikan keselamatan. "Saya berharap perjalanan lancar dan selamat. Selamat bersilaturahmi dengan kerabat dan keluarga besar," kata dia.

Jokowi bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dijadwalkan menjalani salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, mengimbau masyarakat untuk datang lebih awal jika berencana untuk melaksanakan salat Id di Masjid Istiqlal.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk masuk melalui seluruh pintu yang terletak di belakang masjid dan menghindari pintu VVIP dan VIP yang akan diperketat penjagaannya. Pintu VVIP akan digunakan khusus untuk Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin, sedangkan pintu VIP digunakan untuk para menteri yang akan mendampingi Jokowi pagi ini.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...