Jokowi Perintahkan Menlu Retno jadi Penengah Konflik Iran dan Israel

Muhamad Fajar Riyandanu
16 April 2024, 13:05
jokowi, iran, israel
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo di Lanud Iswahjudi, Malang, Jumat (8/3). Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kementerian Luar Negeri menjadi penengah dalam konflik Israel-Iran. Amanah tersebut menjadi salah satu poin yang disepakati dalam rapat internal bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (16/4).

Para menteri yang hadir dalam rapat terbatas terkait situasi global kali ini adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengaku mendapat arahan khusus dari presiden untuk menjalin kontak dengan Amerika Serikat (AS) dan Iran. Langkah ini merupakan upaya untuk meredam sekaligus mencegah perluasan konflik Iran-Israel.

Retno mengatakan dirinya telah menghubungi Pemerintah AS pada pagi hari ini. Retno mendorong AS untuk menggunakan pengaruh besarnya dalam upaya penurunan tensi konflik antara Iran dan Israel.

"Kepada AS tadi saya sampaikan langsung bahwa 'Anda punya pengaruh besar, maka tolong gunakan pengaruh tersebut'," kata Retno saat ditemui seusai rapat.

Dia juga mengaku telah menelepon Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian. Dalam pembicaraan sekira 50 menit itu, Retno mengatakan perluasan konflik dapat menimbulkan dampak negatif kepada seluruh pihak.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...