Daftar Tokoh Ajukan Diri jadi Amicus Curiae ke MK, Terbaru Megawati

Ameidyo Daud Nasution
17 April 2024, 12:07
mk, megawati, amicus curiae
ANTARA FOTO/Monang Sinaga/rwa.
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri memberikan keterangan pers usai mengikuti rapat terakhir Dewan Juri Zayed Award 2024 di Roma, Italia, Selasa (19/12/2023).
Button AI Summarize

Sidang sengketa hasil Pemilihan Presiden 2024 telah memasuki babak akhir sebelum pembacaan putusan pada Senin (22/4). Sebelumnya, sejumlah tokoh telah mengajukan diri sebagai amicus curiae atau sahabat pengadilan dalam sengketa tersebut.

Terbaru, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyerahkan surat dari Ketua Umum mereka Megawati Soekarnoputri ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada Selasa (17/4). Isinya, Megawati ingin mengajukan diri sebagai amicus curiae yang bisa memberikan pendapat hukum kepada pengadilan.

Berikut sejumlah tokoh yang telah mengajukan diri menjadi amicus curiae:

Megawati Soekarnoputri

Hasto mengatakan, dalam berkas yang diserahkannya juga terlampir surat yang ditulis tangan oleh Megawati. Adapun isi tulisan tangan Megawati yang dibacakan oleh Hasto yakni sebagai berikut:

"Rakyat Indonesia yang tercinta, marilah kita berdoa semoga ketuk palu Mahkamah Konstitusi bukan merupakan palu godam melainkan palu emas.

Seperti kata Ibu Kartini pada tahun 1911, 'habis gelap terbitlah terang', sehingga fajar demokrasi yang telah kita perjuangkan dari dulu timbul kembali dan akan diingat terus menerus oleh generasi bangsa Indonesia. Aamiin ya rabbal alamin.

Hormat saya, Megawati Soekarnoputri, ditandatangani.

Merdeka, merdeka, merdeka."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...