Prabowo: Rakyat Berharap Kerja Sama Semua Pimpinan Politik

Ade Rosman
24 April 2024, 10:19
Prabowo
ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/wpa.
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto memberi salam setibanya di kediaman Jalan Kartanegara, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2024).
Button AI Summarize

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (24/4). Berdasarkan pantauan Katadata.co.id Prabowo tiba menggunakan mobil yang sama dengan Gibran.

Saat tiba di Kantor KPU sekira pukul 09.45 WIB Prabowo disambut seluruh ketua Koalisi Indonesia Maju. Ia kemudian mengatakan saat ini dirinya akan mulai bekerja keras dalam mempersiapkan dirinya.

"Sekarang kewajiban kita semua adalah untuk kerja sama. Rakyat berharap dan menuntut semua pimpinan politik untuk kerja sama, kerja untuk rakyat. Saya kira itu dari saya," kata Prabowo di Kantor KPU, Rabu (24/4).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar penetapan pemenang Pilpres 2024 bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih. Kegiatan akan dilaksanakan di kantor KPU, Jakarta, Rabu (24/3) mulai pukul 10.00 WIB.

Anggota KPU Idham Holik mengatakan sesuai ketentuan penetapan pasangan presiden dan wakil presiden terpilih paling lambat 3 hari setelah pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) sesuai dengan Pasal 4 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2024. Adapun putusan PHPU pilpres 2024 telah dibacakan MK pada Senin (22/4). 

Idham menjelaskan sesuai putusan MK, penetapan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 sudah bisa dilakukan lantaran MK menolak seluruh gugatan yang diajukan pemohon. Dalam gugatannya, pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD meminta MK membatalkan peraturan KPU yang menetapkan Prabowo - Gibran sebagai pemenang pilpres. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...