Canda Prabowo ke Anies-Muhaimin di KPU: Saya Tahu Senyum Anda Berat

Ade Rosman
24 April 2024, 13:19
prabowo, anies, muhaimin
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto memberikan keterangan pers saat menghadiri rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih Pemilu 2024 di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (24/4/2024).
Button AI Summarize

Prabowo Subianto secara sah telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai presiden terpilih 2024 pada Rabu (24/4). Usai  rapat pleno, Prabowo sempat melempat canda ke pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang turut hadir dalam agenda tersebut.

Prabowo dalam pidatonya sempat menyinggung pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang turut hadir dalam penetapan tersebut.

"Mungkin ada di antara kita yang tidak puas, kecewa, Mas Anies, Mas Muhaimin, saya pernah berada di posisi Anda. Saya tahu senyuman Anda berat sekali itu," kata Prabowo.

Kendati demikian, Prabowo mengatakan kontestasi memang seperti itu adanya. Menurutnya, jika kontestasi tak dilalui dengan tensi tinggi maka tidaklah pas.

Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar hadir di penetapan pemenang pilpres 2024, Rabu (24/4)
Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar hadir di penetapan pemenang pilpres 2024, Rabu (24/4) (Katadata/Ade Rosman)

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo juga mengucapkan terima kasih kepada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Berbeda dengan Anies-Muhaimin, pasangan nomor urut 03 itu tak menghadiri penetapan di KPU.

"Kalau kontestasi adem-adem saja, kalau kontestan itu tidak tajam dan tidak keras, namanya bukan pilihan untuk rakyat, rakyat minta pilihan, rakyat minta perbandingan," katanya. 

KPU resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang pemilihan presiden (pilpres) 2024. Keputusan itu dibacakan Ketua KPU Hasyim Asy’ari dalam rapat pleno KPU pada Rabu (24/4). 

Menurut Hasyim dengan penetapan itu Prabowo - Gibran resmi menjadi pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029. Prabowo - Gibran selanjutnya akan menggantikan Joko Widodo - Ma’ruf Amin yang akan berakhir masa jabatannya pada Oktober 2024. 

Dalam putusan itu disebutkan pasangan Prabowo - Gibran  meraih  96.214.691 suara atau setara 58,59% dari total suara sah nasional. Mereka juga ditetapkan memenuhi sedikitnya 20% suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi. 

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Pemerintah Kebut Implementasi Perjanjian Dagang, Sudah Siapkah RI?" , https://cms.katadata.co.id/content/preview/179361
Penulis: Happy Fajrian
Editor: Happy Fajrian

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...