Bawaslu Setuju Revisi UU Pemilu, Respons Kritik MK di Sidang Pilpres

Ade Rosman
25 April 2024, 16:18
Bawaslu
Katadata/Zahwa Madjid
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rachmat Bagdja memberikan keterangan dalam konferensi pers di Gedung Bawaslu, Jakarta, pada Rabu (14/2).
Button AI Summarize

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setuju adanya wacana untuk revisi Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017. Terlebih setelah UU yang menjadi dasar pelaksanaan pemilu 2024 itu dikritik hakim Mahkamah Konstitusi dalam sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU)  Pilpres 2024. 

Anggota Bawaslu, Puadi mengatakan Bawaslu telah mencermati kritik Mahkamah Konstitusi yang disampaikan hakim konstitusi Arief Hidayat dalam dissenting opinion atau pendapat berbeda. Dalam penjelasannya, Arief menilai penanganan pelanggaran Pemilu yang dilakukan Bawaslu terkesan formalistik.

Menurut Puadi, pandangan yang disampaikan mahkamah dalam persidangan merupakan bagian dari upaya perbaikan pengawasan pemilu. Bawaslu memahami kritik yang disampaikan MK bertujuan memberi manfaat lebih untuk mewujudkan pemilu yang jujur, adil, dan berintegritas.

"Maka perlu dilakukan perubahan mendasar pengaturan tentang pengawasan Pemilu, termasuk tata cara penindakannya jika terjadi pelanggaran pada setiap tahapan pemilu," kata Puadi dalam keterangannya, Kamis (25/4).

Puadi mengatakan, Bawaslu harus masuk ke dalam substansi laporan atau temuan formil maupun materil. Hal itu diperlukan untuk membuktikan ada atau tidaknya secara substansial telah terjadi pelanggaran Pemilu. 

Dalam paparan dissenting opinion saat sidang sengketa Pilpres, Hakim Arief Hidayat menyoroti kinerja Bawaslu berkaitan dengan dugaan ketidaknetralan aparat pemerintahan yang banyak tak memenuhi syarat materil maupun formil. Menurut Arief, Bawaslu kurang maksimal saat mengusut laporan.

Arief mempertanyakan fungsi pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu yang terkesan bersifat formalitas dan prosedural. Padahal menurut dia bukti di berbagai media, khususnya media online banyak ditemukan penyimpangan ketidaknetralan para penjabat kepala daerah maupun aparat pemerintahan di tingkat desa. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...