Wall Street Akhir Pekan Ditutup Menguat Tersulut Sentimen The Fed

Ira Guslina Sufa
11 Mei 2024, 07:00
Ilustrasi - Bursa Wall Street. ANTARA/Reuters/Mike Segar
Antara
Ilustrasi - Bursa Wall Street. ANTARA/Reuters/Mike Segar
Button AI Summarize

Bursa saham Amerika Serikat Wall Street mengalami kenaikan pada akhir perdagangan Jumat (10/5) waktu setempat. Investor menyambut baik komentar dari pejabat The Federal Reserve atau The Fed mengenai antisipasi terhadap data inflasi yang akan dirilis minggu depan.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik sebesar 0,32% atau 125,08 poin menjadi 39.512,84. Sementara indeks S&P 500 juga menguat sebesar 0,16% atau 8,6 poin ke level 5.222,68. 

Situasi berbeda terjadi pada Nasdaq yang berada di level stagnan di 16.340,87. Saham-saham blue-chip Dow mencatatkan pertumbuhan terbesar dalam satu minggu sejak pertengahan Desember. 

Para pelaku pasar menunggu dengan antusias data inflasi yang akan dirilis minggu depan, sambil mengikuti dengan cermat komentar beberapa pejabat Fed. Presiden Fed Atlanta, Raphael Bostic, mengakui perlambatan ekonomi namun menegaskan ketidakpastian mengenai waktu penurunan suku bunga. 

Di sisi lain, Presiden Fed Dallas, Lorie Logan, menunjukkan sikap yang lebih hati-hati. Ia meragukan apakah kebijakan moneter saat ini sudah cukup ketat untuk menurunkan inflasi ke target bank sentral.

Analisis memperkirakan bahwa laporan indeks harga Konsumen dan Produsen (CPI dan PPI) yang akan dirilis minggu depan akan menunjukkan peningkatan harga "inti" sebesar 3,6% tahun-ke-tahun. Angka terbaru ini akan menjadi yang tertinggi dalam lebih dari tiga tahun.

Sentimen konsumen bulan Mei dari Universitas Michigan menunjukkan penurunan bulanan terbesar sejak Agustus 2021, sementara ekspektasi inflasi jangka pendek dan panjang meningkat. Sektor kebutuhan pokok konsumen mencatatkan kenaikan terbesar dalam S&P 500, sementara sektor kebijakan konsumen mengalami penurunan.

Di sisi lain, musim laporan laba kuartal pertama mendekati akhir, dengan sebagian besar perusahaan S&P 500 melaporkan hasil yang mengalahkan konsensus. Saham Nvidia naik setelah laporan lonjakan penjualan dari pemasok utamanya, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. 

Sementara itu, saham Novavax melonjak setelah kesepakatan lisensi dengan Sanofi. Adapun  saham SoundHound AI juga mengalami kenaikan setelah hasil pendapatan kuartal pertama yang melebihi perkiraan.

Di pasar obligasi, jumlah obligasi yang mengalami penurunan melebihi jumlah obligasi yang naik, mendukung penurunan secara umum. S&P 500 mencatatkan beberapa titik tertinggi baru dalam setahun, sementara Nasdaq Composite mencatatkan banyak titik tertinggi dan terendah baru. 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...