Kunker ke Swedia, Komisi IV DPR Tinjau Pasar Ikan hingga Peternakan

Ferrika Lukmana Sari
24 Mei 2024, 18:20
DPR
DPR
Komisi IV DPR RI melakukan Kunjungan Kerja ke Stockholm, Swedia, pada 18-23 Mei 2024.
Button AI Summarize

Komisi IV DPR melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Stockholm, Swedia, pada 18-23 Mei 2024. Kunjungan tersebut untuk mempelajari kebijakan pemerintah Swedia baik dalam bidang pangan, pertanian, perikanan, kelautan, lingkungan hidup dan kehutanan.

Delegasi Komisi IV ini dipimpin oleh Budhy Setiawan dan Budisatrio Djiwandono. Budhy bersama tim melakukan berbagai kegiatan seperti meninjau pasar ikan di salah satu wilayah Stockholm, meninjau lahan pertanian dan peternakan, serta melakukan pertemuan dengan parlemen Swedia.

Dia menjelaskan tujuan kunjungan ke pasar ikan tersebut untuk memperkenalkan kekayaan sumber daya ikan Indonesia kepada Swedia, yang saat ini masih mengimpor sebagian besar komoditas perikanan.

“Kunjungan ini akan memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Swedia, di mada Swedia saat ini masih bergantung pada komoditas perikanan impor dan memperkenalkan kekayaan Sumber Daya Ikan yang dimiliki oleh Indonesia,” ujar Politisi Fraksi Partai Golkar tersebut dalam keterangan resmi, Jumat (24/5).

Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi sentra peternakan dan perkebunan Bona Gard, serta Fish & Market di Swedia. Pada kesempatan ini, mereka bertemu dengan peternak untuk mempelajari pelaksanaan pertanian terpadu.

“Komisi IV juga mempelajari pelaksanaan pertanian terpadu, di mana limbah peternakan dan pertanian dapat dimanfaatkan kembali untuk pupuk organik dan bahan baku energi lainnya,” kata Budhy.

Pada hari berikutnya, delegasi bertemu dengan Adam Reuterskiöld (Chairman of the Sweden-Indonesia Interparliamentary Friendship Relations), Kenneth G Forslund, MsEmma Nohrén, John Widegren, Helena Storckenfeldt, Stina Larsson, dan Elin Nilsson yang merupakan anggota parlemen Komisi Lingkungan dan Pertanian.

Parlemen Swedia atau yang dikenal dengan istilah Riksdag, menyambut baik kunjungan Komisi IV DPR. Adam selaku Chairman of the Sweden-Indonesia Interparliamentary Friendship Relations mengaku tertarik berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat.

"Kami melihat banyak peluang kerja sama dengan Indonesia, pada saatnya kami ingin sekali melakukan kunjungan balasan ke DPR," tekan Adam.

Delegasi Komisi IV DPR juga menyoroti beberapa isu penting, seperti penurunan jumlah petani dan peningkatan petani muda, konsep penangkapan ikan yang berkelanjutan, serta praktik perhutanan sosial yang telah diterapkan oleh Swedia.

“Indonesia berharap dapat belajar dari pengalaman Swedia dalam mengelola keberlanjutan lingkungan, pertanian organik, dan kebijakan perikanan yang berkelanjutan,” kata dia.

Reporter: Ferrika Lukmana Sari

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...