Bambang Susantono Mundur, Jokowi Minta Basuki Kebut Proyek IKN

Ameidyo Daud Nasution
3 Juni 2024, 21:01
jokowi, ikn, bambang suantono
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah (Rakornas Wasin) 2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/5/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo berkomentar soal mundurnya Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara. Jokowi mengatakan pembangunan IKN akan berlanjut sesuai visi yang ditetapkan.

Saat ini Jokowi telah menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala OIKN. Selain itu, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni menjadi Plt Wakil Kepala OIKN menggantikan Dhony Rahajoe yang juga mengundurkan diri.

Basuki dan Raja Juli akan menjalankan tugas hingga Jokowi menetapkan Kepala dan Wakil Kepala OIKN definitif. Presiden lalu memberikan pesan kepada dua anak buahnya tersebut.

"Agar program-program percepatan pembangunan IKN tetap terjamin," kata Jokowi dalam unggahan di akun Instagramnya, Senin (3/6).

Jokowi hari ini juga bertolak ke IKN untuk melihat perkembangan pembangunan proyek raksasa tersebut. Di sela kunjungan, ia akan menyaksikan groundbreaking institusi pendidikan di IKN.

"Serta melihat persiapan upacara (HUT RI)," kata Jokowi dalam unggahan berbeda.

Realisasi investasi di IKN capai Rp47,5 triliun
Realisasi investasi di IKN capai Rp47,5 triliun (ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/rwa.)

Presiden juga memberikan penugasan teranyar kepada Bambang Susantono. Bambang diminta menggencarkan kolaborasi internasional demi mengakselerasi pembangunan ibu kota baru.

"Pak Bambang Susantono akan diberi penugasan baru, membantu langsung Bapak Presiden, untuk memperkuat kerja sama internasional bagi percepatan pembangunan IKN," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno lewat pesan singkat kepada wartawan pada Senin (3/6).

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...