Jokowi Blusukan Lagi ke IKN Besok, Cek Persiapan HUT RI

Ameidyo Daud Nasution
3 Juni 2024, 21:48
jokowi, ikn, bambang susantono
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat peluncuran Government Technology atau GovTech pada acara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/5/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo hari ini meluncur ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam kunjungan kali ini, Jokowi akan memeriksa perkembangan IKN serta menghadiri peletakan batu pertama sejumlah institusi pendidikan.

"Juga melihat persiapan upacara 17 Agustus," kata Jokowi dalam video yang diunggah dalam akun Instagramnya, Senin (3/6).

Dikutip dari Antara, Jokowi tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan pukul 17.45 WITA. Dalam kunjungan ini, Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono.

Hadir pula Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang yang juga Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, Kepala Sekretariat Presiden yang juga Plt Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono, serta Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Sedangkan peninjauan IKN akan dilakukan pada Selasa (4/6). Sebelumnya, Jokowi akan berkegiatan di Balikpapan terlebih dulu.

Progres pembangunan istana presiden di IKN
Progres pembangunan istana presiden di IKN (ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/rwa.)

Blusukan ini dilakukan sehari setelah Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe mengundurkan diri dari posisi Kepala Otorita IKN dan Wakil Kepala Otorita IKN. Jokowi langsung menunjuk Basuki serta Raja Juli sebagai Plt Kepala dan Plt Wakil Kepala OIKN.

Presiden lalu memberikan pesan kepada dua anak buahnya tersebut. "Agar program-program percepatan pembangunan IKN tetap terjamin," kata Jokowi dalam unggahan di akun Instagramnya, Senin (3/6).

Presiden juga memberikan penugasan teranyar kepada Bambang Susantono. Bambang diminta menggencarkan kolaborasi internasional demi mengakselerasi pembangunan ibu kota baru.

"Pak Bambang Susantono akan diberi penugasan baru, membantu langsung Bapak Presiden, untuk memperkuat kerja sama internasional bagi percepatan pembangunan IKN," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno lewat pesan singkat kepada wartawan pada Senin (3/6).

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...