PDIP Buka Peluang Gandeng PKB untuk Usung Anies di Pilgub Jakarta

Ferrika Lukmana Sari
8 Juni 2024, 18:03
Anies
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (tengah) menyampaikan keterangan kepada wartawan di posko pemenangan di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (14/2/2024). Anies menanggapi santai dan tidak terburu-buru dalam menyimpulkan hasil Pemilu 2024 dari hasil hitung cepat Pilpres 2024 sejumlah lembaga survey dan menghormati hasil hitung nyata dari KPU.
Button AI Summarize

Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan membuka peluang kerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk bekerja sama dalam mendukung Anies Baswedan kembali menjadi calon Gubernur Jakarta.

"Sangat mungkin pembicaraan mengenai kerja sama politik mengenai calon yang diusung dari PKB, dalam hal ini Pak Anies Baswedan, dibicarakan dengan calon yang mungkin akan kami usung dari PDIP," kata Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah di Jakarta, Sabtu (8/6).

Menurut Basarah, PDI Perjuangan hingga saat ini masih berupaya mencari sosok yang tepat untuk diusung dalam perebutan kursi orang nomor satu di Jakarta.

Opsi kedua, selain mencari tokoh yang tepat di internal kader, PDI Perjuangan juga membuka opsi untuk bekerja sama dengan partai-partai lain dalam kontestasi pilkada, termasuk PKB.

Meski demikian, rencana menduetkan calon dari PDIP dengan PKB diakui Basarah masih dibahas di internal partai. "Pembahasan mengenai Pilkada Jakarta dan saya kira pilkada di tempat lainnya, masih pengerucutan belum sampai kesimpulan, apalagi keputusan," kata Basarah.

Jadwal Uji Kelayakan dan Kepatutan Anies

Sementara itu, PKB tengah menjadwalkan uji kelayakan dan kepatutan (UKK) untuk Anies Baswedan selaku calon gubernur dalam Pilkada Jakarta. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyatakan bahwa proses UKK merupakan syarat yang harus dilalui setiap tokoh yang diusung PKB.

"Mudah-mudahan pekan ini, saya enggak tahu persisnya karena berurutan mulai dari Aceh, Sumatra Utara, terus begitu," kata Jazilul Fawaid di Jakarta, Sabtu (8/6).

Pihaknya juga telah membahas rencana pencalonan Anies menjadi Gubernur Jakarta secara matang. Dengan mempertimbangkan kekuatan popularitas Anies yang akan menjadi modal utama menang di Jakarta.

Tidak hanya memproyeksikan Anies, PKB juga sudah merancang siapa saja calon yang cocok mendampingi Anies untuk bertarung di Pilkada Jakarta. Meski demikian, di belum bisa menjelaskan secara perinci siapa saja calon dari kader PKB yang akan mendampingi Anies.

"Pak Anies mau berpasangan dengan siapa? PKB juga punya stok. Nah, itu 'kan prosesnya masih lumayan memerlukan waktu," kata dia.

Jazilul juga membuka peluang untuk seluruh partai yang mau berkoalisi dengan PKB dalam mendukung Anies. Terkait dengan rencana PDIP menduetkan Anies dengan mantan Panglima TNI Jenderal Purn. Andika Perkasa, dia mengaku masih mempertimbangkan hal tersebut.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...