Sinyal Kesiapan Ridwan Kamil untuk Maju Pilkada Jakarta

Ameidyo Daud Nasution
26 Juni 2024, 16:47
Ridwan Kamil, jakarta, pilkada jakarta
YouTube/CURHAT BANG Denny Sumargo
Ridwan Kamil
Button AI Summarize

Nama Ridwan Kamil digadang maju sebagai calon Gubernur Jakarta. Kang Emil, panggilan akrabnya, disiapkan untuk berlaga melawan Anies Baswedan pada Pilkada 2024.

Wacana kubu Koalisi Indonesia Maju memajukan Ridwan juga masih alot. Hal ini karena mantan Wali Kota Bandung itu disiapkan Partai Golkar untuk kembali bertanding di Pilkada Jawa Barat, sementara Gerindra ingin Ridwan maju di Jakarta.

Ridwan beberapa hari lalu sempat memberikan pandangan soal gagasan Jakarta di masa depan. Ia mengatakan Jakarta memerlukan pemimpin dengan imajinasi.

"Jakarta adalah tempat untuk gagasan kelas dunia. Karena potensi pendukungnya ada, begitu juga infrastruktur dan anggarannya," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (26/6).

Sejak tahun lalu, Ridwan Kamil sudah memberikan sinyal kesiapannya jika harus maju di Jakarta. Dalam sebuah wawancara khusus dengan Katadata.co.id pada Agustus 2023, ia menyatakan siap dengan semua opsi politik, termasuk ke Pilkada Jakarta.

"Siap, karena saya pemimpin rasional," katanya seperti ditulis pada Rabu (26/6).

Ridwan berjanji akan memberikan kinerja terbaik jika ditugaskan maju, apapun posisinya. Dia juga menyiapkan skala perubahan yang perlu dilakukan dalam bertugas.

"Kalau takdirnya ke Jakarta, saya akan ukur problem yang ada, lalu hitung perubahannya," kata dia.

Ia sempat menyinggung beberapa capaian kinerjanya saat memimpin Jawa Barat. Ukuran-ukuran ini akan dibawanya bekerja di manapun, termasuk jika memimpin Jakarta.

"Indeks kebebasan demokrasi Jawa Barat dari posisi 32 menjadi nomor 5. tahun 2018, masih ada ribuan desa miskin, sekarang nol," katanya sembari memberi perbandingan.

Ridwan Kamil juga sempat melontarkan gimik soal maju ke Jakarta dengan memasang baliho bertuliskan "OTW Jakarta". Bahkan, gimik tersebut dikomentari politisi Nasdem Ahmad Sahroni.

Dia mengklarifikasi kemunculan baliho bergambar dirinya dengan tulisan OTW Jakarta yang sempat ramai beberapa waktu belakangan. Gubenur Jawa Barat periode 2018-2023 itu mengatakan baliho tersebut bukan sinyal politik, namun promosi produk skincare.

"Padahal mah ya saya itu mau ke Jakarta OTW, karena saya sedang berinovasi menghasilkan produk skincare khusus untuk lelaki Indonesia," kata Ridwan Kamil di akun resmi Instagramnya pada Kamis (29/2).

Sedangkan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengatakan Koalisi Indonesia Maju (KIM) belum pasti mengusung Ridwan Kamil di pemilihan kepala daerah Jakarta.

Hal ini sekaligus membantah pernyataan Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan, yang menyatakan Koalisi Indonesia Maju mendukung Ridwan Kamil di Jakarta. “Ya, masih dalam pembahasan,” kata Airlangga di Istana Kepresidenan, Kamis (20/6).

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...