PDIP Godok Nama Andika Perkasa di Pilgub Jateng, Risma di Jatim

Ameidyo Daud Nasution
30 Juni 2024, 16:48
andika perkasa, pdip, tri rismaharini
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Wakil ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan capres cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Andika Perkasa meninggalkan ruangan usai memberikan keterangan pers saat rapat konsolidasi di Jakarta, Sabtu (18/11/2023).
Button AI Summarize

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyiapkan sejumlah nama untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah dan Jawa Timur. Salah satu nama yang disiapkan adalah mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Andika Perkasa.

PDIP menyiapkan Andika Perkasa hingga Hendrar Prihadi untuk maju di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah. Hendrar merupakan Wali Kota Semarang pada 2013 hingga 2022.

"Jawa Tengah itu Pak Andika, selain diusulkan di Pilkada Jakarta. Ada juga Pak Hendi (panggilan Hendrar)," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto seperti dikutip dari Antara, Minggu (30/6).

PDIP juga menggodok nama tiga menteri untuk berlaga di Pilkada Jawa Timur. Salah satunya adalah Tri Rismaharini yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sosial.

Nama lain yang dipertimbangkan adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara - Reformasi Birokrasi Azwar Anas serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

"Kami memiliki sedikit banyak calon kepala daerah," kata Hasto.

Tak hanya itu, PDIP menyebut sejumlah nama lain yang bisa disiapkan maju di Jawa Timur. Nama-nama yang dimaksud adalah Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, hingga Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

"Nama Fauzi di Sumenep ini sangat kuat sehingga tinggal merumuskan kerja sama politik saja," kata Hasto.

Hasto mengatakan, untuk wilayah Jatim, pihaknya telah berbicara dengan sejumlah partai seperti Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia juga mengatakan hingga saat ini proses pencalonan tokoh-tokoh tersebut masih dinamis.

Sejumlah nama telah masuk dalam bursa Pilgub Jateng, salah satunya Kapolda Jateng Irjen (Pol) Achmad Luthfi. Sedangkan nama Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak kemungkinan besar juga akan maju di Pilgub Jatim.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...