PKS Usung Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Tidak Minta Jatah Wakil

Ade Rosman
8 Juli 2024, 14:17
bobby nasution, pks, sumut, pilkada
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wpa.
Wali Kota Medan Bobby Nasution berjalan memasuki kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (4/7/2024).
Button AI Summarize

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusung menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution di Pilkada Sumatera Utara. Presiden PKS Ahmad Syaikhu menegaskan partainya tak akan meminta posisi cawagub beriringan dengan dukungan yang diberikan.

Syaikhu mengatakan, calon wakil gubernur akan dipercayakan PKS pada wali kota medan tersebut. "PKS mengusung beliau (Bobby), dan tentu kita mempercayakanlah kepada beliau, siapa wakilnya, kami juga tidak minta wakil," kata Syaikhu di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Senin (8/7).

Kendati demikian, Syaikhu memastikan PKS akan menjadi salah satu partai pendukung Bobby di Pilkada Sumut. "Mesin partai kami, sudah siap untuk menjadi salah satu pemenangan bagi beliau (Bobby)," katanya.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat berpidato di Jakarta, Sabtu (2/9). Foto: PKS.
Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat berpidato di Jakarta, Sabtu (2/9). Foto: PKS. (PKS)

Menantu Presiden Jokowi itu kini telah mengantongi dukungan dari sejumlah parpol. Teranyar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang resmi memberikan dengan Surat Keputusan yang diterbitkan DPP PKB. Penyerahan dilakukan oleh Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid kepada Bobby di kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (4/7).

Sejumlah parpol lainnya yang telah menyatakan dukungan untuk Bobby yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Pada pertengahan Juni 2024, Bobby resmi mendapatkan dukungan dari Partai Golkar. Dukungan diberikan usai ia bertemu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Golkar Sumut Musa Rajekshah.

Di bulan yang sama, Bobby resmi mendapatkan dukungan dari Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh untuk maju di Pilkada Sumut. Surya juga membebaskan Bobby menentukan cawagubnya.

"Cari siapa yang paling baik, jalan saja," kata Surya pada 24 Juni 2024.

Bobby juga telah resmi menjadi kader Partai Gerindra pada 20 Mei 2024 lalu. Pada saat yang sama Bobby juga mendaftar sebagai Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara pada tim penjaringan Partai Gerindra.

"Saya mendapat kesamaan dengan visi dan misi Gerindra," ujar Bobby dalam konferensi pers seperti dikutip Selasa (21/5).

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...