Survei Indikator: Anies Kalahkan Ahok dan RK di Semua Simulasi Pilkada Jakarta

Ade Rosman
25 Juli 2024, 15:02
Survei
KATADATA/AJENG DINAR ULFIANA
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjadi pembicara dalam acara \"Peluang dan Risiko Investasi Jelang Pilpres\" yang digelar Katadata Insight Center (KIC) di Jakarta, Rabu (30/1).
Button AI Summarize

Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bakal calon gubernur Jakarta Anies Baswedan mengungguli kandidat lainnya yang digadang-gadang akan maju di Pilgub Jakarta 2024. Anies unggul dari kompetitornya di Pilgub Jakarta 2017 lalu yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi memaparkan temuan dalam simulasi top of mind dengan responden diberi keleluasaan untuk menentukan siapa kandidat yang akan dipilih untuk memimpin Jakarta lima tahun kedepan. Dari simulasi terbuka itu, nama Anies menjadi pilihan teratas.

“Kami tidak memberi informasi siapa cagub yang akan disodorkan kepada pemilih. Jadi pemilih terserah memilih siapapun. Hampir 40 %, tepatnya 39,7 % itu memilih Anies Baswedan,” kata Burhanuddin dalam paparannya, Kamis (25/7).

Ahok mengikuti di posisi kedua dengan 23,8 % pilihan responden, diikuti Ridwan Kamil dengan 13,1 %. Responden juga memunculkan sejumlah nama lainnya di luar dari tiga kandidat teratas, meskipun torehannya masih di bawah 2 %. 

Sejumlah nama lainnya yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini dengan 1,4 %, kemudian Menteri BUMN Erick Thohir yang mendapat 1,1 %. “Dalam simulasi top of mind, yang tidak memberikan jawaban secara spontan cuma 16 %, artinya relatif kecil,” kata Burhanuddin.

Kemudian, pada simulasi semi terbuka 40 nama calon, Anies juga unggul dengan torehan 41,7 % Ahok masih membuntuti dengan 27,0 % dan RK dengan 15,4 %.

Indikator Politik memperkecil skala simulasinya menjadi 16 nama, mantan calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan itu mendapat 41,9 %. Lebih besar dari Ahok denga 27,9 % dan RK yang mendapat 17,3 %.

Jarak antara Anies dan Ahok serta RK pada simulasi 11 orang nama mulai sedikit terkikis. Anies mendapat 42,1 %, Ahok 28,6 %, dan RK 17,0 %. Kemudian pada simulasi sembilan nama, Anies mendapatkan 42,2 suara. Ahok membuntuti dengan 29,7 % dan RK 18,3 %

Dalam simulasi 4 nama, Anies masih mengungguli kandidat lainnya dengan 43,5 % suara. Ahok di posisi kedua dengan 30,5 %, RK membuntuti dengan 18,3 %, lalu Risma 1,8 %. Simulasi tiga nama Anies mendapat 43,8 % suara, Ahok dengan 32,1%, dan RK dengan 18,9 %

Indikator Politik juga membuat simulasi head to head antara Anies dan dua kompetitor itu. Jika disandingkan dengan Ahok, Anies yang mendapat 52 % unggul dari Ahok yang mendapat 42 % suara responden. Sementara ketika dihadapkan dengan RK, Anies mendapat 50,1 % suara sedangkan RK 38,8 suara.

Survei Indikator Politik ini dilaksanakan pada 18-26 Juni 2024 dengan target populasi seluruh WNI di DKI Jakarta yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Jumlah sampel yang dilibatkan sebanyak 800 responden, dipilih melalui metode multistage random sampling yang diwawancarai secara tatap muka. Adapun margin of error survei yakni +/- 3,5 % pada tingkat kepercayaan 95 %.



Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...