Grace Natalie Sebut Jokowi Ajak Influencer ke IKN Sebagai Bentuk Transparansi

Muhamad Fajar Riyandanu
30 Juli 2024, 17:00
jokowi, influencer, ikn
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama sejumlah influencer media sosial mengendarai motor melewati Jalan Tol IKN di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (28/7/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak sejumlah pegiat media sosial atau influencer saat kunjungan kerja ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Ahad (30/7) lalu.

Staf Khusus (Stafsus) Presiden Bidang Komunikasi Politik, Grace Natalie, menjelaskan pertimbangan Jokowi mengajak para influencer ke IKN.  Grace menjelaskan kehadiran para influencer adalah salah satu bentuk transparansi kepada publik.

Grace mengatakan saat ini banyak masyarakat yang penasaran dengan IKN, namun belum dapat mengunjungi secara langsung. Ini karena proyek ibu kota baru masih dalam tahap pembangunan.

"Maka harus bergantian. Selain pegiat media sosial, selanjutnya akan diundang juga pimpinan media, perwakilan tokoh-tokoh masyarakat lokal dan organisasi masyarakat agar mereka bisa menyaksikan sendiri pembangunan IKN," kata Grace lewat keterangan tertulis pada Selasa (30/7).

Dia meminta agar masyarakat tidak mudah terkecoh dengan opini pembangunan IKN yang dituding dikerjakan secara sembarang dan tergesa-gesa. Grace juga menyampaikan bahwa pembangunan IKN yang dilakukan selama ini berjalan sesuai prosedur dan tidak buru-buru.

Menurutnya, IKN merupakan proyek jangka panjang yang terbagi atas lima fase pembangunan sampai tahun 2045. "Saat ini pembangunan IKN berada di fase pertama dengan tingkat penyelesaian di atas 80%. Jadi semuanya on the track, sesuai jadwal, tidak ada yang tergesa-gesa," ujar Grace.

Sebelumnya, Presiden Jokowi berkunjung ke IKN pada Ahad (28/7). Kunjungan tersebut merupakan rangkaian agenda presiden berkantor di bandar baru selama dua hari, sejak Senin (29/7) hingga Selasa (30/7).

Saat itu, Jokowi datang ke IKN dengan mengendarai sepeda motor bersama sejumlah influencer hingga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Mereka menyusuri jalan tol menuju IKN dan bertolak dari Balikpapan.

Para influencer yang berada di rombongan konvoi sepeda motor, salah satunya adalah Raffi Ahmad yang memboncengi istrinya yakni Nagita Slavina. Konvoi tersebut juga diramaikan oleh sosok Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Irwansyah dan Zaskia Sungkar serta Ferry Maryadi, Omesh dan Dian Ayu, Gading Marten dan Poppy Sovia.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...