Top News: Gempa M 7,1 Guncang Jepang, RUPS Indofarma Berulang Kali Batal

Aryo Widhy Wicaksono
9 Agustus 2024, 07:55
Bendera Jepang
KCP International
Bendera Jepang
Button AI Summarize

Gempa bumi dengan magnitudo 7,1 mengguncang Jepang, BEI pertanyakan alasan Indofarma berulang kali membatalkan RUPS, usai IPO saham emiten sarang burung walet NEST sentuh ARA, serta komitmen Tokopedia untuk memerangi barang impor ilegal.

Beragam berita terpopuler pada Kamis (8/8) kami rangkum ke dalam Top News Katadata.co.id.

1. Gempa 7,1 Skala Richter, Jepang Keluarkan Peringatan Tsunami

Gempa Jepang berkekuatan 7,1 skala Richter terjadi pada 4.42 sore waktu setempat. Pemerintah langsung mengumumkan potensi tsunami dan peringatan pertama tentang kemungkinan ‘gempa besar’.

Episentrum gempa di laut Hyuganada di lepas pantai Prefektur Miyazaki, pada kedalaman 30 kilometer.

Badan Meteorologi Jepang memperingatkan warga di daerah terkena dampak untuk waspada terhadap gempa bumi susulan berkekuatan hingga 6 skala Richter selama seminggu kedepan, terutama dua atau tiga hari ke depan.

"Di daerah-daerah yang gempanya terasa kuat, risiko bangunan runtuh dan tanah longsor meningkat," kata Badan Meteorologi Jepang dikutip dari Japan Times, Kamis (8/8).

Peringatan tsunami diberlakukan di pesisir Prefektur Miyazaki. Badan Meteorologi Jepang menyampaikan, gelombang setinggi satu meter dapat mencapai pantai.

2. BEI Buka Suara Soal RUPS Indofarma (INAF) Berkali-kali Batal

Bursa Efek Indonesia (BEI) buka suara perihal Rapat Umum Pemegang Saham PT Indofarma Tbk (INAF) yang berkali-kali batal. RUPS Indofarma berulangkali batal karena tidak mencapai kuorum dan bahkan pemegang saham utamanya tak hadir.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna, mengatakan bursa telah menanyakan lebih lanjut ke emiten farmasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Ia menilai pelaksanaan tindakan korporasi, terutama RUPS, perusahaan wajib memiliki perencanaan yang baik.

“Kalau sudah mengumumkan, artinya kan mereka sudah merencanakan. Nah, kalau ada sesuatu yang jadi batal, tentu kami tanyakan kenapa itu dibatalkan? Kan bertanya dulu,” kata Nyoman kepada wartawan di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (8/8).

Tak hanya itu, Nyoman juga menegaskan telah meminta tanggapan lebih lanjut perihal pemegang saham utama yang tak hadir dalam RUPS. “Sudah, sudah. Kita sudah tanyain, mereka yang akan mengkonfirmasi,” kata dia.

3. Debut IPO, Saham Emiten Sarang Burung Walet NEST Langsung Sentuh ARA

PT Esta Indonesia Tbk (NEST) resmi mencatatkan saham perdana atau IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan menjadi emiten ke-34 di bursa pada tahun ini.

Pada debut perdananya pada Kamis (8/8), saham NEST dibuka langsung menyentuh Auto Reject Atas (ARA) atau melesat 35% ke Rp 270 per saham. Setelah pembukaan, sahamnya bergerak fluktuatif dan masih menguat di 30% menjadi Rp 260 per lembar saham pada pukul 09.05 WIB.

Volume saham NEST diperdagangkan tercatat 147,25 juta dengan nilai transaksinya Rp 39,03 miliar. Sementara frekuensi perdagangannya tercatat sebanyak 14.571 kali. Adapun kapitalisasi pasar Esta Indonesia pagi ini senilai Rp 1,07 triliun.

Direktur Utama Esta Indonesia, Hoo Anton Siswanto mengatakan NEST merupakan eksportir sarang burung walet pertama (pioneer) yang dapat mengirim sarang burung langsung ke Cina. Saat ini perseroan menjadi salah satu eksportir terbesar yang melakukan ekspor langsung ke negara tersebut.

4. Tokopedia Bentuk Tim dan Sediakan Fitur untuk Perangi Barang Impor Ilegal

Tokopedia menyatakan bekerjasama dengan pemerintah dalam memerangi barang impor ilegal. Head of Communications Tokopedia and Shop Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, menyatakan Tokopedia memiliki tim yang bertugas menjaring kualitas barang, salah satunya berhubungan dengan standar nasional Indonesia (SNI).

Tokopedia pun menyediakan fitur laporan yang dapat digunakan masyarakat bila menemukan barang ilegal. Nantinya, berdasarkan laporan itu Tokopedia akan mengambil tindakan lanjutan.

"Komitmen kami bekerjasama dengan pemerintah apabila misalnya ada laporan yang terindikasi melanggar perundang-undangan atau melanggar intensi kondisi dari kami," kata Aditia di Solo, Jawa Tengah, Rabu (7/8).

Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan Barang Tertentu yang Diberlakukan Tata Niaga Impor atau Satgas Barang Impor Ilegal sebelumnya telah resmi dibentuk.

Pembentukan Satgas ditujukan agar memuluskan jalan pengawasan serta penanganan permasalahan impor.

5. E-Commerce Cina Temu 3 kali Coba Masuk Indonesia, Ini Kata TikTok Shop Tokopedia

E-commerce asal Cina yakni Temu sudah tiga kali mendaftarkan merek dagang ke Kementerian Hukum dan HAM Indonesia. Di tengah potensi hadirnya pesaing baru, Tokopedia dan TikTok Shop Tokopedia berfokus pada produk lokal.

Head of Communications Tokopedia and Shop Tokopedia Aditia Grasio Nelwan menyatakan, perusahaan berfokus membesarkan produk-produk lokal Indonesia. "Kami mengutamakan berbagai macam penjual lokal supaya bisa mendapatkan akses pembeli ke seluruh Indonesia," kata dia di Solo, Jawa Tengah, Kamis (8/8).

Ia menyampaikan, Tokopedia dan TikTok Shop Tokopedia tengah menggencarkan sejumlah promosi produk lokal seperti Beli Lokal dan Promo Guncang di tanggal kembar.

“Ada bermacam cashback, diskon dan promo yang bisa dipakai oleh pengguna, penjual, dan reseller," katanya.

Temu merupakan aplikasi e-commerce yang menawarkan berbagai produk mulai dari fesyen, elektronik, hingga kebutuhan rumah tangga yang sudah tiga kali mendaftarkan merek dagang ke Kementerian Hukum dan HAM Indonesia.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...