Golkar Usung Ridwan Kamil jadi Cagub Jakarta, Jusuf Hamka ke Pilkada Jabar

Ameidyo Daud Nasution
9 Agustus 2024, 08:11
ridwan kamil, golkar, jusuf hamka
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil (kanan) dan Jusuf Hamka (kiri) menyampaikan keterangan kepada wartawan usai menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Kamis (8/8/2024).
Button AI Summarize

Partai Golkar akan mengusung Ridwan Kamil sebagai calon Gubernur Jakarta. Sedangkan Jusuf Hamka akan diusung sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengatakan dirinya telah mendapatkan lampu hijau Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk maju di Jakarta. Pengumuman akan disampaikan secara resmi setelah Koalisi Indonesia Maju menemukan calon wakil gubernur.

"Saya diminta secara resmi maju sebagai gubernur daerah khusus Jakarta. Informalnya begitu," kata Ridwan usai bertemu Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Widya Chandra, Jakarta, Kamis (8/8) dikutip dari Antara.

Ridwan mengatakan dirinya tak diminta Golkar untuk mencari cawagubnya di Pilkada Jakarta. Ia mengaku siap jika dijodohkan dengan siapapun.

"Saya itu dua kali pilkada dengan wakil, saya harmonis," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan juga mengatakan dirinya tak mau jika harus bertarung dengan kotak kosong. Menurut mantan Wali Kota Bandung itu, demokrasi idealnya mempertarungkan tokoh untuk beradu ide.

"Kalau kotak kosong, debat sama siapa, susah. Idealnya kalau bisa jangan dengan kotak kosong," katanya.

Di kesempatan yang sama, Jusuf Hamka juga diminta Airlangga untuk menjadi calon Wakil Gubernur Jawa Barat. Sebelumnya, ia dikabarkan akan maju sebagai cawagub Jakarta.

Dengan ini, Jusuf Hamka akan mendampingi cagub Jabar dari Partai Gerindra yakni Dedi Mulyadi. Jusuf lalu mengatakan dirinya akan serius membangun infrastruktur Jawa Barat.

"Kalau Kang Emil sudah di Jakarta, saya on the way ke Jabar," kata Jusuf.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...