Top News: Jessica Wongso Bebas dan Konglomerat Kumpul di Upacara HUT RI

Aryo Widhy Wicaksono
19 Agustus 2024, 05:40
Terpidana kasus pembunuhan berencana terhadap Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso berpamitan kepada wartawan.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz
Terpidana kasus pembunuhan berencana terhadap Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso (tengah) saat konferensi pers di Senayan, Jakarta, Minggu (18/8/2024).
Button AI Summarize

Terpidana pembunuh Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso, bebas bersyarat setelah menjalani hukuman sekitar 8 tahun, dari vonis 20 tahun penjara.

Jessica keluar dari sel di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Pondok Bambu, Jakarta, Minggu Pagi (18/8).

Berita ini menjadi salah satu artikel terpopuler pada akhir pekan ini. Selain bebasnya Jessica, gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter mengguncang kawasan Rusia, anggaran Kementerian Pertahanan turun menjadi Rp 165 triliun, serta deretan konglomerat yang berkumpul saat upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN.

Artikel terpopuler itu kami rangkum dalam Top News Katadata.co.id.

1. Alasan Jessica Wongso Bisa Bebas dari Penjara Setelah Divonis 20 Tahun

Terpidana kasus pembunuhan berencana "kopi sianida" Jessica Kumala Wongso sudah bisa menghirup segar setelah sebelumnya divonis 20 tahun penjara.

Jessica Wongso dinyatakan bebas bersyarat dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A Pondok Bambu, Jakarta, Minggu pagi (18/8).

Perempuan 35 tahun itu nampak tersenyum dan melambaikan tangannya saat keluar dari Lapas Pondok Bambu.

Jessica mulai ditahan sejak 30 Juni 2016 usai terjerat perkara pembunuhan berencana sesuai Pasal 340 KUHP. Ia mendapatkan vonis pidana penjara selama 20 tahun, berdasarkan Putusan Kasasi Mahkamah Agung RI Nomor: 498 K/PID/2017 tanggal 21 Juni 2017.

Meskipun belum genap 20 tahun, Jessica bisa keluar dari lapas karena mendapatkan pembebasan bersyarat berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Nomor: PAS-1703.PK.05.09 Tahun 2024.

2. Rusia Dilanda Gempa 7 Skala Ritcher, BMKG Ungkap Dampaknya ke Indonesia

Gempa bumi berkekuatan 7,0 skala Richter mengguncang lepas pantai Semenanjung Kamchatka di timur jauh Rusia pada Sabtu malam (17/8).

"Kekuatan gempa tercatat 7,0 skala Richter.
Intensitas gempa di Petropavlovsk-Kamchatsky (pusat administrasi regional) adalah 6,0, menurut perkiraan awal," tulis pernyataan cabang lokal Layanan Geofisika Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia yang dikutip dari Anadolu Agency, Minggu (18/8).

Sejauh ini belum ada kerusakan signifikan yang dilaporkan. Ilmuwan mengatakan proses gempa susulan yang sangat aktif kini sedang berlangsung.

"Namun, para ilmuwan memperkirakan kemungkinan gempa kuat lainnya rendah," kata Gubernur Kamchatka Vladimir Solodov.

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa gempa ini berpotensi menimbulkan tsunami lokal di wilayah Rusia.

3. Anggaran Kemenhan Turun jadi Rp 165 Triliun pada Tahun Pertama Prabowo Presiden

Anggaran pertahanan berpeluang mengalami penurunan pada tahun pertama pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025, anggaran Kementerian Pertahanan yang diajukan senilai Rp 165,2 triliun.

Angka ini lebih rendah dari anggaran tahun 2024 yakni Rp 175,1 triliun. Nilai yang diajukan ini juga lebih kecil dari tahun 2023 sebesar Rp 171,5 triliun.

Hal yang menjadi fokus pekerjaan dalam bidang pertahanan tahun depan. Pertama adalah pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista), kedua pemeliharaan alutsista.

Ketiga adalah pembangunan rumah dinas prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI). Sedangkan keempat adalah pembangunan sarana dan prasarana pertahanan.

4. Sejumlah Konglomerat Hadiri Upacara HUT RI di IKN: Aguan hingga Prajogo Pangestu

Sejumlah konglomerat terlihat menghadiri upacara peringatan detik-detik proklamasi peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Lapangan Upacara Istana Negara, Ibu Kota Nusantara atau IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Sabtu (17/8).

Mereka adalah Fanky Oesman Widjaja, Sugianto Kusuma alias Aguan, Prajogo Pangestu, Garibaldi Thohir atau Boy Thohir, serta Djoko Susanto. Para pengusaha besar tersebut kompak mengenakan batik berwarna biru.

Di belakang mereka, terlihat politisi Gerindra Maruarar Sirait di samping Djoko yang juga terlihat mengenakan batik berwarna biru. Para pengusaha tersebut terlihat tengah tertawa sembari menikmati prosesi detik-detik Proklamasi RI.

Selain menjadi pemiliki perusahaan besar nasional, empat taipan tersebut juga merupakan sosok investor pemodal utama dalam proyek-proyek besar di IKN Nusantara.

5. Kualitas Udara Jakarta Masuk Lima Besar Terburuk Dunia Sepekan Berturut-turut

Kualitas udara di Jakarta masuk kategori tidak sehat dan berada pada posisi keempat kota dengan kualitas udara terburuk dunia pada Minggu pagi (18/8).

Jakarta secara konsisten masuk lima besar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia selama sepekan terakhir, menurut situas pemantau kualitas udara IQ Air.

Kategori tidak sehat tersebut menunjukkan bahwa polusi Jakarta dapat mempengaruhi manusia dan menimbulkan kerusakan pada tumbuhan ataupun nilai estetika.

Menurut situs pemantau kualitas udara IQ Air yang dipantau pada Minggu pukul 06.20 WIB, kualitas udara di DKI Jakarta masuk kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif dengan angka 174 mengacu kepada penilaian PM2,5 dengan nilai konsentrasi 89 mikrogram per meter kubik.

Konsentrasi sebanyak itu setara 17,8 kali nilai panduan kualitas udara tahunan organisasi kesehatan dunia (WHO). PM 2,5 adalah partikel udara yang berukuran kecil dari 2,5 mikron (mikrometer).

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...