Istana Pastikan Jokowi Reshuffle Kabinet Hari Ini, Berikut Bocorannya

Tia Dwitiani Komalasari
19 Agustus 2024, 06:22
Presiden Joko Widodo membacakan sumpah saat upacara pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Menteri Perdagangan Zulkifli
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Presiden Joko Widodo membacakan sumpah saat upacara pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Wamen ATR Raja Juli Antoni, Wamendagri John Wempi Watipo dan Wamenaker Afriansyah Noor. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik sejumlah menteri dan kepala badan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8). Terdapat sejumlah nama menteri yang dikabarkan akan terkenal reshuffle kabinet.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan menteri dan kepala badan yang akan dilantik Jokowi adalah Menteri Hukum dan HAM, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Investasi, Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

"Hari ini, Senin, tanggal 19 Agustus 2024, pukul 09.30 WIB, Bapak Presiden diagendakan akan melantik beberapa menteri, wakil menteri dan beberapa kepala badan di Istana Negara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan singkat di Jakarta, Senin (19/8) dikutip dari Antara.

Ari mengatakan, pengangkatan menteri, wakil menteri dan kepala badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif. Terkait siapa nama-nama menteri, wakil menteri, dan kepala badan yang akan dilantik, Ari meminta wartawan menunggu pelantikan resmi di Istana nanti.

Bahlil hingga Yasonna

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata dari berbagai sumber, terdapat sejumlah nama yang akan dilantik oleh Jokowi hari ini. Salah satunya, adalah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, yang akan digantikan oleh Supratman Andi Agas.

Supratman merupakan politisi dari Partai Gerindra yang sebelumnya menempati posisi sebagai Ketua Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Kabar mengenai penunjukannya sebagai pengganti Yasonna telah beredar sejak beberapa hari lalu.

Selain Yasonna, menteri lain yang juga akan diganti melalui reshuffle, adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif. Ia akan digantikan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Sementara itu, posisi Menteri Investasi/Kepala BKPM akan ditempati oleh Rosan Roeslani. Laki-laki berusia 55 tahun ini diketahui merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Maju yang mengusung calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada 17 Juli 2023 hingga 25 Oktober 2023. Ia juga merupakan mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) dengan masa jabatan 25 Oktober 2021 hingga 17 November 2023.

Selain mengganti sejumlah menteri melalui reshuffle, Jokowi juga dikabarkan akan melantik sejumlah pejabat tinggi negara. Beberapa nama yang diisukan akan dilantik, antara lain Dadan Hindayana yang akan menjadi Kepala Badan Gizi Nasional, lembaga yang baru dibentuk pada 15 Agustus 2024 melalui Peraturan Presiden Nomor 83 tahun 2024.

Selain itu, Jokowi akan melantik Rizka Andalusia sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM. Sebelumnya, Rizka telah mengemban tugas sebagai pelaksana tugas atau Plt BPOM sejak 6 November 2023. Saat ini, ia juga merangkap sebagai Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan-Kementerian Kesehatan.




Reporter: Antara, Tia Dwitiani Komalasari

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...