Jokowi Minta Rosan Roeslani Jemput Bola Tawarkan IKN kepada Investor Asing

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Agustus 2024, 17:17
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani menyampaikan sambutan usai serah terima jabatan (Sertijab) di Kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta, Senin (19/8/2024).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani menyampaikan sambutan usai serah terima jabatan (Sertijab) di Kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta, Senin (19/8/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan instruksi khusus kepada Menteri Investasi Rosan Roeslani agar proaktif dalam menarik investasi asing ke Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) itu menargetkan sejumlah negara yang sudah familiar dengan iklim investasi di Indonesia, seperti Singapura, untuk berinvestasi lebih banyak di IKN.

"Saya tadi diberikan arahan agar investor asing mau partisipasi di IKN," kata Rosan usai bertemu Jokowi di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (20/8).

Terkait dengan financial center, Jokowi menyebut ada kesepakatan tandatangan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Otorita IKN dan Dubai International Financial Center (DIFC).

Kesepakatan tersebut mengatur pembahasan teknis mengenai pembangunan pusat keuangan dan pengelolaan sistem investasi yang akan dijalankan. Indonesia dan UEA juga tengah membicarakan proses rekrutmen dan birokrasi terkait dengan pengoperasian financial center di bandar baru. Lebih jauh, kedua negara juga mengulas tentang bagaimana menarik uang atau investasi dari Dubai ke dalam financial center IKN

“Apabila perlu ada penyesuaian atau perubahan aturan agar masuk dan berikan manfaat kepada rakyat Indonesia, itu akan segera diberlakukan,” ujar Rosan.

Selain itu, Rosan juga mendapat tugas untuk mempercepat pengembangan semikonduktor di dalam negeri lewat investasi asing dari Thailand dan Amerika Serikat (AS). Upaya untuk menggaet investor asing dalam modernisasi industri semikonduktor telah berjalan seiring pembentukan Satuan Tugas Pengembangan Ekosistem Semikonduktor melalui Keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 16 Tahun 2024.

Satuan tugas ini bekerja sama dengan Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) dan Departemen Luar Negeri AS untuk melakukan kajian atas ekosistem semikonduktor Indonesia. Indonesia diharapkan dapat berkontribusi dalam memperkuat rantai pasokan global semikonduktor melalui mekanisme International Technology Security and Innovation (ITSI) Fund.

Pemerintah juga menjalin kerja sama pengembangan SDM semikonduktor dengan Universitas Arizona. “Saya diminta menindaklanjuti lagi. Jadi investasi di semikonduktor ini selain hilirisasi prioritas, juga ini arahan Bapak Presiden,” kata Rosan.

Lebih jauh, Jokowi juga meminta Rosan untuk mengakselerasi pembangunan ekosistem produksi gula di lahan seluas 600 hektar di Merauke, Papua. Kegiatan itu diharapkan dapat mengerek produksi domestik sekaligus menekan angka impor gula nantinya. “Ini izin-izin juga supaya dipercepat lagi sehingga pembangunannya lancar,” ujar Rosan.

Jokowi melantik Rosan sebagai Menteri Investasi menggantikan Bahlil Lahadalia pada Senin, 19 Agustus kemarin. Pelantikan Rosan menjadi pejabat negara bersamaan dengan pengangkatan Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan HAM menggantikan Yasonna Laoly.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...