Top News: Potongan Gaji Tambahan Pensiun dan Prediksi Pilkada Jakarta 2 Putaran

Aryo Widhy Wicaksono
9 September 2024, 06:40
Toples berisi uang emas sebagai persiapan untuk dana pensiun.
Shutterstock
Ilustrasi Dana Pensiun
Button AI Summarize

Undang-undang tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) memberikan pemerintah wewenang untuk membuat aturan baru tentang tabungan pensiun tambahan, yang bersifat wajib bagi pekerja dengan penghasilan tertentu.

Artinya para pekerja bakal mendapatkan potongan gaji tambahan untuk program tabungan pensiun ini, terpisah dari iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Besaran potongan dan siapa saja yang wajib ikut program tersebut akan diatur pada aturan turunan.

Potongan gaji tambahan sesuai UU P2SK menjadi salah satu artikel Top News Katadata.co.id pada akhir pekan ini. Selain itu, simak juga prediksi Pilkada Jakarta berjalan dua putaran, serta Menkop UKM yang mengkhawatirkan dominasi produk impor di pasar digital.

1. Gaji Pekerja Akan Dipotong Lagi untuk Dana Pensiun, Berapa Besarannya?

Undang-undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan atau UU P2SK mengamanatkan pemerintah dapat membuat program pensiun tambahan yang bersifat wajib untuk pekerja dengan penghasilan tertentu.

Dengan begitu, pekerja akan mendapatkan potongan lagi dari gajinya untuk program pensiun dan berbeda dengan iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Otoritas Jasa Keuangan atau OJK saat ini belum bisa mengungkapkan ketentuan nominal potongan yang akan diterapkan. Batasan pendapatan pekerja yang wajib melaksanakan program iuran tersebut juga belum ditentukan.

“Itu belum ada karena peraturan pemerintahnya belum diterbitkan. OJK dalam kapasitas pengawasan untuk program pensiun yang diamanatkan UU P2SK,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono dalam konferensi pers RDKB, Jumat (6/9).

Untuk itu, Ogi menegaskan saat ini masih menunggu bentuk dari Peraturan Pemerintah atau PP yang berkaitan dengan iuran pensiun wajib tersebut. Dia mengatakan aturan tersebut akan lebih spesifik menjadi PP untuk harmonisasi program pensiun.

2. Pilkada Jakarta Diprediksi 2 Putaran, Pendukung Anies dan Ahok Jadi Penentu

Kepala Peneliti Political Strategy Group (PSG) Ahsan Ridhoi memproyeksikan Pilkada Daerah Khusus Jakarta (DKJ) akan berlangsung dalam dua putaran.

"Dan ada tiga calon, ada kemungkinan dua putaran. Karena kita juga punya pengalaman di 2017 tiga pasang kandidat itu dua putaran," kata Ahsan dalam Rilis Survei Pilkada Jakarta di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Sabtu (7/9).

Berdasarkan survei tersebut, sebanyak 39% responden memilih mendukung Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 22%, dan Ridwan Kamil 15%.

"Artinya, warga Jakarta pada dasarnya cenderung menginginkan mantan gubernur-nya itu kembali memimpin mereka," ujarnya.

Hal tersebut juga berkorelasi dengan angka kepuasan masyarakat terhadap Anies dan Ahok.

3. Apple Diramal Meluncurkan iPhone 16 Besok, Ini Bocoran Spesifikasi

Apple akan menggelar acara di kantor pusat, di Cupertino, California, besok (9/9). Perusahaan diperkirakan mengumumkan iPhone 16 dan model Apple Watch terbaru.

"Apple tengah merancang cip seri A baru untuk jajaran iPhone 16, yang dibangun di atas node N3E 3 nanometer terbaru. Ada beberapa peningkatan pada efisiensi dan kinerja," demikian dikutip dari MacRumor, Minggu (8/9).

"Semua model diperkirakan mendukung fitur Apple Intelligence iOS 18." Acara peluncuran akan disiarkan di situs web Apple dan YouTube.

"Undangan tahun ini menyertakan tagline ‘It’s Glowtime’ merujuk pada desain ulang antarmuka Siri milik Apple," demikian dikutip dari CNBC Internasional, Senin (26/8).

4. Menteri Teten: Konsumen Online Mudah Tergiur Produk Impor Murah, Kualitas Buruk

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menekankan pentingnya edukasi dan literasi bagi konsumen di pasar ekonomi digital. Pasalnya, banyak konsumsi yang mudah tertipu dengan produk impor yang tidak berkualitas dengan iming-iming harga murah.

"Mereka banyak yang tertipu dengan kualitas produknya," kata Teten dalam acara peringatan Hari UMKM Nasional bersama Komunitas Mitra Merchant Grab Indonesia, seperti dikutip dari Antara, Minggu (8/9).

Ia menilai, dominasi produk impor di platform digital mengkhawatirkan. Sekitar 90% barang yang dijual berasal dari impor. Ini, menurutnya, mengurangi kesempatan bagi UMKM lokal untuk bersaing.

Menurut Teten, ekonomi digital tumbuh sangat pesat. Namun, kondisi ini menimbulkan tantangan, terutama dalam praktik predatory pricing (praktik penjualan barang di bawah harga modal.

5. KOMIK: Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang

Anak bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, tersandung dugaan kasus gratifikasi. Hal ini setelah istrinya, Erina Gudono menyiarkan perjalanan mereka ke Philadelphia, Amerika Serikat (AS) yang disinyalir menggunakan pesawat jet pribadi berjenis Gulfstream G650ER pada 21 Agustus lalu.

Penggunaan pesawat jet pribadi tersebut diketahui lantaran jendelanya yang tidak seperti pesawat komersial. Di unggahan lainnya, istri Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu juga membagikan momen dirinya dan Kaesang membeli roti seharga Rp400 ribu.

Hal tersebut menjadi sorotan warganet, terutama di aplikasi X. Pasalnya momen tersebut bertepatan dengan pecahnya seruan aksi massa di beberapa titik akibat RUU Pilkada.

Manajer Riset Trend Asia, Zakki Amali mengaku memiliki data mengenai riwayat pembelian, kepemilikan, dan lalu lintas pesawat Gulfstream G650ER dengan kode N558SE itu.

“Jet ini dibeli 2021 oleh Garena Online Private Ltd, anak perusahaan SEA yang memiliki Shopee salah satunya. Sejak 2021 pesawat ini dibeli dan berlalu-lalang di Indonesia.” kata dia dikutip dari Kompas TV 2 September lalu.

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...