Jokowi Resmikan Proyek Asing di IKN, Nilai Investasi Rp 1,15 Triliun

Muhamad Fajar Riyandanu
25 September 2024, 19:47
Jokowi, ikn, rusia, cina,
BPMI Setpres
Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Delonix Nusantara, di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (25/09/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar peletakan batu pertama alias groundbreaking lima fasilitas publik di Ibu Kota Negara alias IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser, Kalimantan Utara, Rabu (25/9).

Fasilitas publik yang dimaksud termasuk hotel, sekolah, dan resort. Tiga di antaranya merupakan investasi asing yakni Australia, Rusia, dan Cina dengan nilai investasi Rp 1,15 triliun.

Rincian proyek dan nilai investasinya sebagai berikut:

1. Australian Independent School atau AIS Nusantara

Jokowi menyebutkan, AIS Nusantara akan dibangun di atas lahan 7.900 meter persegi. Fasilitas ini dapat menampung 750 siswa dari jenjang pre-school hingga Sekolah Menengah Atas atau SMA.

AIS Nusantara menawarkan fasilitas standar internasional untuk ruang belajar, sarana olahraga dan rekreasi. Kampus ini dilengkapi fasilitas pendukung seperti mini soccer, lapangan tenis, lapangan basket, lapangan bulu tangkis, lapangan voli, kolam renang semi olympic dan auditorium berkapasitas 250 orang.

Jokowi berharap keberadaan AIS di IKN menghadirkan pendidikan berkualitas dunia dan memberikan pilihan bagi masyarakat. Nilai investasi ini Rp 150 miliar.

2. D’Prima Hotel Nusantara

D’Prima Hotel Nusantara memiliki 154 kamar. Bangunan ini merupakan bagian dari jaringan hotel lokal yang telah memiliki 19 properti di berbagai kota besar di Indonesia.

Nilai investasi proyek tersebut Rp 100 miliar.

3. Magnum Resort Nusantara

Jokowi optimistis pembangunan hunian seperti Magnum Resort Nusantara akan menarik lebih banyak investor dan memperkuat ekosistem properti di IKN.

"Kehadiran Magnum Resort di IKN akan memberikan lebih banyak pilihan properti berkualitas," ujar Presiden.

Nilai investasi Magnum Resort Nusantara Rp 500 miliar. Proyek dari perusahaan properti Rusia, Magnum Estate ini akan dibangun di atas lahan 1,3 hektare.

4. Delonix Nusantara

Ini merupakan proyek kawasan properti mixed-use di atas lahan 24 ribu hektare. Nilai investasi proyek yang didukung oleh Delonix Group dari Cina ini Rp 500 miliar.

Kehadiran Delonix Group sebagai jaringan hotel dan gaya hidup internasional di IKN diharapkan menjadi salah satu pelopor investasi asing yang berkontribusi besar dalam pengembangan ibu kota baru.

"Ini akan dikembangkan menjadi model J hotel, serviced apartment, pusat perbelanjaan, perkantoran dan pusat olahraga dan kebugaran di kawasan Ibu Kota Nusantara ini," ujar Presiden Jokowi.

Dengan pengalaman Delonix Group yang telah mengoperasikan lebih dari 1.600 properti hotel di berbagai negara, Jokowi yakin Delonix Nusantara akan berkembang pesat di IKN.

5. Teras Hutan IKN by Plataran

Plataran, sebagai salah satu pemain kelas dunia dalam industri pariwisata, berencana membangun ‘Teras Hutan Ibu Kota Nusantara by Plataran’ di atas lahan 2.000 meter persegi.

Lokasi itu akan menjadi venue dan dining berkelas internasional. Pembangunannya diperkirakan selesai dalam satu tahun dengan nilai investasi Rp 25 miliar.

Jokowi menyampaikan beberapa investor asing kagum terhadap IKN. Ia mencontohkan investor asal Rusia, Igor Maksimov dan Stanislav Sadovnikov yang mengakui IKN sebagai lokasi terbaik yang pernah mereka lihat untuk berinvestasi.

"Mulai berdatangan investasi-investasi dari mancanegara yang memberikan kepercayaan dan rasa percaya bahwa Nusantara adalah lokasi yang sangat menarik untuk investasi," kata Jokowi.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu, Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...