Pemerintah Tunda Pemindahan ASN ke IKN, Menteri Suharso Ungkap Penyebabnya

Muhamad Fajar Riyandanu
4 Oktober 2024, 17:10
ASN
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Spt.
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, mengikuti rapat kerja bersama Badan Anggaran (banggar) DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (4/7/2024).
Button AI Summarize

Pemerintah mengakui prosesi pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur mengalami keterlambatan dari jadwal rencana kerja yang telah ditetapkan. Keterlambatan program migrasi pegawai pemerintah ke ibu kota baru disebabkan belum siapnya infrastruktur primer seperti perumahan dan kantor ASN.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa menjelaskan, saat ini pemerintah tengah memastikan seluruh pembangunan fasilitas penunjang ASN di bandar baru dapat segera rampung. “Sebenarnya rencananya kan sudah dimulai bulan Agustus, September, lalu Oktober. Tapi memang, ini ada keterlambatan,” kata Suharso saat ditemui di Istana Wakil Presiden Jakarta, Jumat (4/10).

Selain infrastruktur utama seperti perumahan dan kantor ASN, pemerintah saat ini juga sedang berupaya menyediakan fasilitas pendukung. Beberapa yang tengah dikebut adalah rumah sakit, sekolah, dan layanan publik seperti jaringan internet.

Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga mengakui belum mendapati kabar terkini ihwal termin perpindahan ASN ke IKN. Dia hanya mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk mengejar keterlambatan itu dengan menyelesaikan pembangunan perumahan dan kantor ASN segera.

“Untuk mengejar keterlambatan itu, apakah pindah ASN memang mulai bulan ini atau bulan depan, tapi yang paling penting yang harus dipastikan adalah seluruh fasilitas untuk ASN yang pindah ke IKN,” ujar Suharso.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyatakan pemindahan ASN ke IKN bakal dimulai sebelum Presiden Joko Widodo lengser. OIKN akan meresmikan beberapa infrastruktur yang rampung pada akhir pekan ini.

Plt Kepala OIKN Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi berencana memulai pemindahan ASN mulai bulan ini. Namun, Basuki mengaku belum dapat memastikan jadwal penerbitan Keputusan Presiden terkait pemindahan ASN ke IKN.

Menurut Menteri PAN RB, pemindahan ASN ke IKN mulai dicicil bulan ini," kata Basuki di kantornya, Jumat (4/10). Basuki berencana terbang ke IKN pada Sore ini, Jumat (4/10) untuk memeriksa beberapa proyek. Salah di antaranya yakni komplek gedung kantor Kementerian Koordinator.

Basuki mengatakan kunjungannya ke IKN merupakan bagian dari persiapan oleh Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat. Ia mencatat ada beberapa proyek infrastruktur di IKN yang akan rampung pada akhir pekan ini, seperti Pusat Pelatihan PSSI. Pusat pelatihan tersebut memiliki delapan lapangan sepak bola untuk keperluan latihan Tim Garuda di atas lahan seluas 34,5 hektare. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...