Jokowi Resmikan Istana Negara di IKN, Titip Peresmian Istana Garuda ke Prabowo

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Oktober 2024, 16:08
jokowi, istana, ikn
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ketua MPR Ahmad Muzani, serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan saat meresmikan Istana Negara di IKN, Kalimantan Timur, Jumat (11/10). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan operasional Istana Negara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Jumat (11/10).

Seremoni peresmian Istana Negara IKN diawali dengan penyerahan sertifikat hak pakai oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sertifikat hak pakai itu ditetapkan atas nama Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Sekretariat Negara seluas 56,87 hektare. Prosesi penyerahan sertifikat turut disaksikan oleh Jokowi, Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah pejabat menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Pada sore hari ini kita akan bersama-sama meresmikan Istana Negara di IKN," kata Jokowi, sebagaimana disiarkan oleh kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Istana Negara IKN merupakan bangunan yang menjadi kediaman resmi presiden. Bangunan ini terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Istana Negara merupakan bagian dari kompleks Istana Kepresidenan IKN.

Kompleks tersebut juga memuat Istana Garuda yang berada tepat di belakang Istana Negara pada dataran lahan yang lebih tinggi. Bangunan tersebut menjadi tempat presiden berkantor.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan peresmian Istana Garuda akan dilakukan oleh presiden terpilih Prabowo Subianto. Ini karena Istana Garuda masih dalam proses penyelesaian akhir yang masih membutuhkan waktu sekira satu bulan.

"Maka pada hari ini, saya akan meresmikan Istana Negara terlebih dahulu. Nanti Istana Garuda akan diresmikan oleh Presiden Prabowo Subianto," ujar Jokowi.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...