10 Stasiun Terpadat Saat Mudik Lebaran 2025, Ada Pasar Senen dan Gambir


PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) telah menjual sebanyak 1,53 juta tiket kereta api hingga 2 Maret 2025 untuk angkutan lebaran 2025. Tiket ini untuk perjalanan 21 Maret hingga 11 April 2025 (22 hari). Capaian ini setara 44,46% dari total 3,44 juta kapasitas tiket yang disediakan untuk Pulau Jawa dan Sumatra.
“Puncak penjualan sementara tercatat pada H-3 Lebaran atau 28 Maret 2025 dengan jumlah tiket terjual mencapai 104.564,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan resmi, Senin (3/3).
Anne menyampaikan, periode pemesanan masih berlangsung dan diperkirakan akan terus meningkat. Berdasarkan data sementara, terdapat 10 stasiun dengan jumlah penumpang terbanyak selama periode mudik lebaran 2025:
- Stasiun Pasar Senen: 159.231 penumpang
- Stasiun Gambir: 84.867 penumpang
- Stasiun Bekasi: 56.766 penumpang
- Stasiun Yogyakarta: 51.035 penumpang
- Stasiun Kiaracondong: 47.263 penumpang
- Stasiun Surabaya Pasar Turi: 46.705 penumpang
- Stasiun Purwokerto: 44.368 penumpang
- Stasiun Lempuyangan: 42.662 penumpang
- Stasiun Kutoarjo: 42.415 penumpang
- Stasiun Surabaya Gubeng: 40.336 penumpang
KAI berupaya meningkatkan pelayanan selama periode angkutan lebaran untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan pelanggan. Sejumlah langkah strategis telah disiapkan, berupa peningkatan jumlah personel di stasiun dan kereta, penguatan layanan digital, serta optimalisasi fasilitas di berbagai titik layanan.
“KAI telah menempatkan 170 petugas Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun yang tersebar di berbagai Daerah Operasi (Daop) dan Divisi Regional (Divre). Tim ini akan siap memberikan informasi dan asistensi kepada pelanggan,” ucapnya.
KAI juga memperluas penyediaan water station di stasiun sebagai langkah mendukung keberlanjutan dan pengurangan limbah plastik. Fasilitas water station telah ditambahkan di empat stasiun baru, yaitu Kertapati, Lamongan, Wonokromo, dan Sidoarjo sehingga kini terdapat total 28 stasiun yang menyediakan layanan ini.
“Kami mengingatkan pelanggan untuk merencanakan perjalanan mereka dengan baik dan memanfaatkan layanan pemesanan tiket yang tersedia hingga 45 hari sebelum keberangkatan untuk KA jarak jauh,” katanya.
Sementara tiket perjalanan lokal dapat dipesan mulai H-30, dan beberapa layanan lain dapat dipesan sejak H-7 sebelum keberangkatan. Pemesanan dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI atau website resmi kai.id.