Jokowi Berencana Perpanjang Bansos Beras hingga Kuartal III 2024

Muhamad Fajar Riyandanu
30 Januari 2024, 10:33
jokowi, bansos, beras
ANTARA FOTO/ Andreas Fitri Atmoko/agr/aww.
Presiden Joko Widodo berdialog dengan warga saat mengunjungi gudang Bulog DIY di Kalasan, Sleman, D. I Yogyakarta, Senin (29/1/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berencana memperpanjang penyaluran bantuan pangan beras 10 kilogram (kg) per bulan kepada sekitar 22 juta penerima manfaat hingga kuartal III tahun ini.

Jokowi telah mengunci komitmen penyaluran bantuan beras 10 kg per bulan hingga Juni 2024. Presiden mengatakan penyaluran bansos tersebut dapat diperpanjang jika anggaran mencukupi. 

“Sementara sampai Juni. Nanti kalau APBN kita hitung-hitung cukup, bisa dilanjutkan lagi,” kata Jokowi, dikutip dari siaran pers pada Selasa (30/1) saat Jokowi menyerahkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) di Gudang Bulog Purwomartani, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Senin, (29/1).

Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan upaya pemerintah mengucurkan bantuan pangan adalah untuk menekan dampak kenaikan harga beras karena gagal panen.

“Di semua negara itu harga berasnya terkerek naik semuanya, naik. Karena apa? Panennya banyak yang gagal,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan kegagalan panen karena perubahan iklim menyebabkan 22 negara menghentikan kebijakan ekspor berasnya untuk mengamankan pasokan domestik.

“Oleh sebab itu, kita kesulitan untuk membeli beras di negara-negara lain karena beras mereka dipakai sendiri untuk rakyatnya,” kata Jokowi.

Dia meminta para petani agar meningkatkan produktivitas padi agar mendongkrak suplai beras di dalam negeri. Diharapkan pasokan beras bisa melimpah sehingga harga mampu ditekan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...