Pemerintah Rancang Lima Program Utama Atasi Corona & Pemulihan Ekonomi

Rizky Alika
27 Juli 2020, 21:30
Menko Airlangga Ungkap 5 Program Atasi Corona dan Pemulihan Ekonomi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) bersama Gubernur BI Perry Warjiyo (kiri) dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso memberikan keterangan pers sesuai bertemu dengan Presiden Joko Widodo terkait penanganan dampak virus corona terhadap sektor ekonomi Indonesia di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Pemerintah tengah berfokus memulihkan perekonomian, namun tetap menangani pandemi corona. Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) merancang lima program utama.

Kelima program itu di antaranya Indonesia Aman, Indonesia Sehat, Indonesia Berdaya, Indonesia Tumbuh, dan Indonesia Bekerja. "Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampaikan, yang direncanakan komite ada lima tema,'' kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas kabinet, Senin (27/7).

Pertama, Indonesia Aman yakni memastikan rakyat aman dari Covid-19. Program ini meliputi akselerasi tes Polymerase Chain Reaction (PCR), pelacakan, dan karantina secara nasional. Targetnya, mengurangi jumlah zona merah.

Selain itu, pemerintah mempersiapkan masyarakat aman menghadapi Pilkada 2020. Juga, mempersiapkan pendistribusian obat-obatan, vaksin virus corona, dan antibodi dalam setahun ke depan.

Kedua, Indonesia Sehat dalam bentuk reformasi layanan kesehatan berbasis gotong royong. Program ini meliputi percepatan kemandirian pelayanan kesehatan, rumah sakit, alat kesehatan, dan obat di dalam negeri.

Selain itu, transformasi sistem kesehatan termasuk BPJS Kesehatan yang berkualitas.

Ketiga, Indonesia Berdaya untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Langkah ini berfokus pada penyaluran bantuan sosial (bansos), program padat karya, kartu prakerja, dan subsidi gaji.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...