Bansos Tunai Jakarta Bisa Dicairkan Mulai Hari Ini

Desy Setyowati
3 April 2021, 09:04
Bansos Tunai Jakarta Bisa Dicairkan Mulai Hari Ini
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Warga penerima manfaat bantuan sosial tunai difoto petugas di Kantor Pos Serang, Banten, Rabu (6/5/2020).

Dinas Sosial DKI Jakarta menyampaikan bahwa warga bisa mencairkan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap ketiga pada hari ini (3/4). Namun, program ini tidak akan dilanjutkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) karena ketiadaan anggaran.

Dana bansos tunai tersebut Rp 300 ribu. “Penerima BST tahap tiga dapat mencairkan melalui ATM Bank DKI mulai 3 April," demikian dikutip dari akun @dinsosdkijakarta, kemarin (2/4).

Dinsos mengimbau masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan saat mencairkan dana bansos tunai tersebut. Selain itu, melaporkan jika ada dugaan pungutan liar, ke call center Dinas Sosial atau aplikasi Jakarta Kini (Jaki).

Pencairan dana BST itu pun yang terakhir diberikan. Ini karena Kemensos menyetop program tersebut mulai bulan ini. “Tidak ada anggaran,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menghadiri puncak HUT Ke-19 Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Pangandaran, Jawa Barat, dikutip dari Antara, Rabu (31/3).

Selain anggaran, Risma mengatakan bahwa situasi pandemi corona di skala mikro menunjukkan perbaikan. Ia menilai, masyarakat seharusnya sudah dapat beraktivitas.

"Kalau misalnya, di daerah masih ada warga yang perlu ditolong, mereka bisa mengajukan ke kami. Nanti kami bantu dalam bentuk bantuan pangan non-tunai (BPNT)," kata Risma. Besarannya Rp 200 ribu.

Ia pun meminta pemerintah daerah (pemda) mengevaluasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Ini karena datanya tidak padan dan ada penerima manfaat ganda.

“Tidak mungkin kami mencoret, karena yang tahu persis itu di daerah. Jadi kami mengembalikan data itu ke daerah. Ini kami evaluasi terus," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...