Pemerintah Targetkan 30 Juta UMKM Sudah Go Digital pada 2023

Desy Setyowati
3 April 2021, 16:12
Pemerintah Target 30 Juta UMKM Rambah Digital pada 2023
ANTARA FOTO/Fauzan/hp.
Seorang pengunjung melihat produk UMKM yang dipamerkan di MaxxBox Lippo Village, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (1/4/2021).

Pemerintah mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk merambah ekosistem online untuk menjangkau lebih banyak pengguna, khususnya saat pandemi corona. Setidaknya 30 juta UMKM ditarget go-digital pada 2023.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, empat juta UMKM merambah platform online selama setahun terakhir. Maka, totalnya hampir 13 juta.

Advertisement

Pemerintah pun optimistis target 30 juta UMKM go-digital pada 2023 bisa tercapai. “Ini kami kaitkan dengan penggunaan tingkat komponen dalam negeri (TKDN),” kata Luhur saat mengikuti peresmian kampanye Gerakan Indonesia Bersama UMKM secara virtual, Sabtu (3/4).

Peresmian kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJ) bertajuk ‘UKM Jabar Paten’ itu dihadiri langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Angela Tanoesoedibjo, dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

Pada kesempatan itu, Luhut juga mendorong masyarakat untuk berbelanja produk UMKM. “Itu menjadi tulang punggung ekonomi kita," kata Luhut.

Luhut menyampaikan, belanja modal barang di Indonesia sekitar Rp 1.300 triliun. Sebanyak Rp 250 triliun bisa dihemat, sehingga dapat digunakan untuk belanja barang produk dalam negeri, seperti teknologi dan barang-barang melalui UMKM lokal.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement