38 Orang Tewas Imbas Bentrok Palestina – Israel, Indonesia Desak PBB

Rizky Alika
12 Mei 2021, 14:46
38 Orang Tewas Imbas Bentrok Palestina – Israel, Indonesia Desak PBB
ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/FOC/sa.
Saudara laki-laki Palestina Ahmed Al-Shenbari, yang terbunuh di tengah meningkat nya kekera Israel-Palestina, bereaksi ketika pelayat membawa tubuhnya selama pemakamannya di Jalur Gaza utara, Selasa (11/5/2021).

Sebanyak 35 warga Palestina meninggal dunia di Gaza dan tiga di Israel akibat serangan udara pada Rabu dini hari. Indonesia pun mendorong Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Gerakan Non-Blok (GNB) segera bertemu untuk membahas masalah ini.

"OKI dan GNB dapat segera melakukan pertemuan khusus untuk membahas masalah ini. Indonesia juga terus mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengambil langkah nyata dalam menghentikan kekerasan," kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (12/5).

Advertisement

Ia menyampaikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutuk aksi pengusiran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah Yerusalem Timur oleh pasukan Israel. Apalagi, data Perhimpunan Bulan Sabit Merah Palestina menunjukkan, 305 orang luka-luka akibat bentrokan warga dengan aparat Israel per Senin (10/5).

Retno mengatakan, hak rakyat Palestina terlalu lama digerogoti oleh Israel. Indonesia menilai, tindakan Israel mengusir Palestina dari Sheikh Jarrah dan penyerangan Masjid Al-Aqsa tidak dapat dibiarkan.

"Indonesia terus mendukung perjuangan rakyat Palestina," ujar Retno.

Untuk itu, pemerintah menyatakan akan berusaha semaksimal mungkin menghentikan penyerangan tersebut lewat semua lini, termasuk melalui The Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement