Pemerintah Diminta Utamakan Vaksin Janssen untuk Warga Pedalaman

Desy Setyowati
16 September 2021, 07:57
vaksin janssen, vaksin covid-19
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Warga binaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) menerima vaksinasi CovId-19 di Yayasan Jambrud Biru, Bekasi, Jawa Barat, Rabu, (4/8/2021).

Indonesia menerima 500 ribu dosis vaksin Janssen dari Belanda pada Sabtu (11/9). Koalisi Masyarakat Sipil meminta pemerintah memprioritaskan kelompok rentan seperti warga di pedalaman hingga difabel, sebagai penerima vaksin ini.

Vaksin Janssen dikembangkan oleh Janssen Pharmaceutical Companies. Vaksin Covid-19 ini menggunakan vector Adenovirus (Ad26), yang tidak ada pada jenis lain. Vaksin ini pun hanya memerlukan satu kali suntikan.

Dikutip dari laman Setkab.go.id, efikasi vaksin Janssen untuk mencegah semua gejala Covid-19 67,2%. Sedangkan efikasi untuk mencegah gejala sedang hingga berat pada subjek di atas 18 tahun yakni 66,1%.

Oleh karena itu, Koalisi Masyarakat Sipil menilai bahwa vaksin Janssen lebih pantas diberikan kepada kelompok rentan. “Jika pemerintah mengalokasikan vaksin Janssen untuk masyarakat adat di pedalaman, kalangan disabilitas atau kelompok rentan, maka beban kerja vaksinasi akan lebih ringan,” kata koalisi dalam keterangan pers, Rabu (15/9).

Koalisi Masyarakat Sipil merupakan gabungan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) seperti Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN). Mereka telah melakukan vaksinasi bagi kelompok rentan di lebih dari 30 kabupaten/kota di sembilan provinsi.

Dari pengalaman tersebut, mereka menganggap bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di luar Pulau Jawa bukan perkara mudah. Kesulitan yang dihadapi seperti antara lain jarak yang jauh, kondisi jalan hingga sarana transportasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...